Tongkol jagung sebagai sumber energi

Tongkol dan tanaman jagung merupakan limbah dari pemanenan biji jagung yang masih sering tidak dimanfaatkan teruatam tongkolnya yang tidak digunakan untuk pakan. Namun demikian, dengan dikembangkannya proses fermentasi maka limbah ini kini dpat dimanfaatkan sebagai bioetanol dengan menjadikannya bahan bakar yang disebut dengan E85 yaitu campuran bensin 85% dengan etanol 15%. Proses ini didahului dengan hidrolisis baru diikuti dengan fermentasi dan destilasi. Proses lengkapnya dapat dibaca pada jurnal berikut (silahkan di download) disini:


Energy and Environmental Aspects of Using Corn Stover for Fuel Ethanol

Tags: ,

5 Responses to Tongkol jagung sebagai sumber energi

  1. Saiful says:

    Salam Sukses untuk Pak Nur Hidayat,

    Pak, saya sedang melakukan eksperimen kecil-kecilan untuk membuat ethanol dari tongkol jagung, saat ini saya sudah berhasil membuat ethanol dari bahan berpati seperti ubi kayu dan sangat berharap dapat menghasilkan ethanol dari bahan-bahan limbah. Setelah membaca beberapa referensi, ternyata tongkol jagung yang berlignoselulosa dapat diolah menjadi ethanol. Kalau boleh mohon dibantu bagaimana proses pembuatannya secara garis besar.

    Thanks.

  2. nurhidayat says:

    sama denngan yang lain, hanya harus ada perombakan senya lignoselulosanya terlebih dahulu. banyak literatur tentang itu, ada bukunya juga

  3. Zulham says:

    Bagus untuk silase di sapi perah pak. Sayangnya, sulit untuk mencari silase yang bisa dijual di daerah bogor

  4. Mega Setiani says:

    thank you for sharing, visit our web http://ittelkom-pwt.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*