Amilase

Amilase secara intensif digunakan dalam industri pangan untuk menghasilkan pemanis dan memperoleh glukosa, mebuat sirup glukosa untuk industri farmasi dan bir. Pada saat prosesing pati banyak menggunakan suhu tinggi maka enzim amylase yang termostabil menjadi kebutuhan. Enzim ini dihasilkan oleh mikroorganisme termotoleran seperti Chaetomium thermophilum, Scytalidium thermophilum atau Thermomyces lanuginosus. Alfa amylase adalah endo-enzim yang bekerja pda ikatan gula bagian dalam dari rantai molekul menghasilkan maltodektrin sebagai produk akhir. Glukoamilase adalah ekso-enzim yang menghidrolisis molekul pati dari sisi non-reduksidan membebaskan glukosa sebagai produk akhir.

Rhizopus microsporus var. rhizopodiformis menghasilkan alfa-amilase dan glukoamilase dalam jumlah tinggi pada fermentasi substrat padat dengan beberapa limbah pertanian seperti sekam, tepung singkong, bagas, jerami, tongkol jagung dan sebagainya. Bahan yang digunakan harus dibaashi terlebih dahulu. Kultur yang baik adalah yang memiliki pH awal 5 pada suhu 450C selama 6 hari dengan kelembapan relative sekitar 76%.

Sumber:

Peixoto-Nogueira. S. C., V. C. Sandrim., L. H. S. Guimara˜es ., J. A. Jorge., H. F. Terenzi., and M. L. T. M. Polizeli. 2008. Evidence of thermostable amylolytic activity from Rhizopus microsporus var. rhizopodiformis using wheat bran and corncob as alternative carbon source. Bioprocess Biosyst Eng. 31:329–334

Tags: , ,

4 Responses to Amilase

  1. Fadil says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Bapak Nur Hidayat, saya ingin menanyakan, dimana saya bisa mendapatkan Rhizopus microsporus var. rhizopodiformis? Sebagai seorang PPL, saya membina beberapa kelompok tani, yang mana salah satu program saya adalah pembuatan gula cair dan bioetanol. Saya mohon Bapak berkenan memberikan tanggapan atas pertanyaan saya. Sebelumnya terima kasih atas perhatian Bapak Nur Hidayat.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  2. bocah getas says:

    mampir nich…
    menarik sekali blog anda dan saya menyukainya..
    salam….
    oh ya ada sedikit info nich tentang kayu jabon dan bibit jabon semoga bermanfaat… :)

  3. This actually answered my problem, thanks!

  4. Ada sebuah sesi yang membuat saya sedikit terpukau dengan pembicara Pinasthika 2010,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>