Plastik pada Makanan

Hallo rekan-rekan,

Dua tahun lalu ditemukan pencemaran sengaja plastik ke minyak goreng untuk memasak pangan. Menyusul kemudian kejadian yang sama di Malaysia dan Indonesia. Dikabarkan pada beberapa kejadian minyak yang dijual dan dikemas dalam kantong plastik, langsung dimasukkan ke penggoreng bersama plastiknya. Memang kurang begitu cukup info disampaikan ke masyarakat tentang potensi bahayanya bagi kesehatan konsumen gorengan.

Sebungkus bawang goreng saya terima dari teman. Terlalu renyah sehingga mengundang kecurigaan. Saya ambil satu irisan, kemudian saya amati, tampak mengkilat, terutama di bagian cekungan. Saya cungkil lapisan mengkilat dengan tusuk gigi, terlepaslah film bening tipis sekali. Sangat mungkin film tersebut plastik. Beberapa kali saya ambil contoh, saya dapatkan ‘serpihan’ film bening.
Jika plastik yang ikut termakan, kemudian seluruhnya dikeluarkan lewat saluran buangan, maka dipastikan aman. Tetapi jika terjadi degradasi plastik karena panas menjadi senyawa sederhana yang larut minyak, atau
bereaksi dengan pecahan komponen minyak yang kemudian larut, maka sangat mungkin cemaran tersebut ikut terserap dalam sistim pencernaan, yang selanjutnya bahan asing tersebut potensial mengundang bencana buatan.

Semoga uraian ini membuat kita tetap berhati-hati menjaga kesehatan.

Haryadi (Anggota PATPI Jogakarta)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>