Fermentasi Asam Asetat Metode Lambat

Metode ini biasa dilakukan di rumah-rumah dengan cara dibiarkan begitu saja. Terdiri atas Metode Perancis (French Method) dan metode Orleans (Orlenas method).

Proses Orelans atau proses dengan menggunakan tong kayu (barrel) merupakan proses yang tertua. Anggur atau cider ditambahkan sampai mencapai 0,3 sampai 0,5 isi tong.

Proses oksidasi oleh bakteri asam asetat ini membutuhkan sejumlah besar oksigen, sehingga aliran udara dalam tong harus diperhatikan benar. Pada dasar tong diperlukan sumbat untuk mengeluarkan asam asetat yang telah jadi, sedang pada atasnya terdapat tutup yang dapat dibuka untuk menambahkan kembali subtrat.

Pada metode ini cairan alkohol tidak bergerak selama fermentasi. Bakteri asam asetat membentuk film atau induk asam asetat pada permukaan cairan. Sekali film ini terbentuk dan tidak diganggu, maka perubahan anggur atau cider berlangsung cepat. Pembentukan film tersebut dapat memakan waktu berhari-hari bahkan sampai berbulan-bulan.

Tags: ,

2 Responses to Fermentasi Asam Asetat Metode Lambat

  1. Lisa mcmahon says:

    I loved your blog post.Really thank you! Will read on…

  2. Wadah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat mengembangkan manajemen pribadi dan organisasi yang diperlukan dalam mengembangkan potensi diri dan pengalaman mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>