di negara kita ternyata banyak sekali tahun baru yang diperingati. kalo semua diiringin dengan pesta atau jalan2 kayaknya jadi banyak perstanya dan libur lagi. perlukan libur tahun baru? apa maknanya?

Tahun baru masehi diawali dengan natal seminggu sebelumnya sehingga ada libur yang berurutan dan ini mengurangi semangat kerja. apa keistimewaan tahun baru ini. rasanya tidak ada hubungan dengan natal kecuali untuk meniru-niru budaya hura-hura dan menyembah api dengan modifikasi menunggu kembang api dinyalakan lalu semua bersorak-sorai dilanjutkan saling cium meski bukan istrinya. lalu pergi ke pantai lihat matahari terbit. yang islam lupa shalat subuh yang kristen lupa misa ke gereja.

Tahun baru Hijriah, berbalikan dengan masehi tidak diawali tapi diikuti dengan puasa Asyura dan tidak ada perayaan tahun barunya, kecuali bagi umat Islam yang coba niru-niru perayaan tahun baru masehi. dengan alasan mosok yang lain punya perayaan tahun baru kok yang Islam tidak padahal punya kalendernya. kasihan kalo hanya punya budaya niru. Asyurapun banyak diliputi ritual yang sebenranya tidak perlu. yang seharusnya puasa malah dilakukan dengan menyakiti diri atau berpesta katanya untuk memuja Hasan dan Husein.

Tahun baru Jawa ini diperingati dengan cara yang beda yaitu di Jogja dilakkukan dengan laku bisu yaitu mengelilingi beteng dengan laku bisu. sedang di Solo sambil mengarak kebo bule. di lain tempat niru2 grebeg dengan rebutan berkah. saya maklum karena memang banyak masyarakat Jawa yang percaya kekuatan lain selain Allah, jadi wajar kan kalo ngalap berkah. yang tidak wajar adalah yang beragama tapi ikut ngalap berkah. Lucunya lagi peringatan manditengah malam pdahal kalender jawa bukan dimulai tengah malam. jadi orang ini menggabungkan kalender komariah dengan kalender samsyiah.

Tahun Baru Cina  mirip Jawa hanya bedanya mereka membuat sesuatu untuk para arwah kemudian tanggal 15 perayaan cap go meh. saya tidak banyak komentar karena gak paham sama denan tahun baru hindu atao budha.

Lalu sebenarnya apa maknda tahun baru kalo memang tidak adaperistiwa penting yang mestinya diperingati?

semoga tidak lagi munculperingatan peringatan lain untuk menambah libur kerja

salam