Antibiotika

Kebanyakan antibiotika dihasilkan sebagai metabolit sekunder oleh kapang berfilamen dan bakteri, terutama aktinomisetes. Lebih dari 4.000 antibiotika telah diisolasi dari berbagai mikroorganisme, tetapi hanya sekitar 50 yang digunakan secara teratur dalam kemoterapi antimicrobial. Antibiotika yang paling banyak dikenal dan penting di bidang kesehatan adalah -laktam, penisilin dan cephalosporin, juga aminoglikosida seperti streptomisin dan tetrasiklin.
Beberapa antibiotika memiliki aplikasi lain selain sebagai kemoterap antimicrobial. Sebagai contoh actinomycin yang dihasilkan oleh Streptomyces peucetius dan S. caepitosus memiliki fungsi sebagai agensia antitumor; antibotika lainnya digunakan untuk mengendalikan mikrobia penyebab penyakit pada tanaman atau sebagai alat bantu penelitian biokimia dan biologi molecular. Beberapa antibiotika juga ditambahkan pada pakan sebagai promoter pertumbuhan. Namun demikian, kekawatiran tentang berkembangnya resistensi terkait penggunaan antibiotika pada manusia menjadi pemikiran ulang penggunaan antibiotika pada pakan.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>