Shalat di Waktu Rapat

peliharalah segala shalat(mu) dan (peliharalah) shalat wustha’. Berdirilah karena Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu’ (QS Al Baqarah: 238)”

Shalat adalah kewajiban bagi setiap muslim setelah kita bersyahadat. Dalam keseharian dan dengan alas an berbagai kesibukan dunia, seringkali dalam melaksanakan shalat kita terkesan sekedar melaksanakan kewajiban, bukan memelihara shalat.

Perintah “peliharalah segala shalat(mu)” mengindikasikan adanya kecenderungan kita untuk tidak shalat dengan benar. Memelihara shalat mestinya kita maknai bahwa kita mempersiapkan diri dengan baik sebelum menjalankan shalat. Sebelum shalat kita laksanakan, maka kita menghindarkan diri dari perbuatan-perbuatan yang mengarah pada pengabaian menuju shalat.

Persiapan dan menjaga diri yang paling berat adalah disaat siang dan sore hari karena waktu tersebut adalah waktu yang paling sibuk bagi manusia untuk urusan dunia.

Waktu shalat Dhuhur dan Ashar sering terabaikan dengan segala kesibukan. Jangankan mempersiapkan, bahkan sering kali terlewatkan atau setidaknya kita melaksanakan shalat dengan tergesa-gesa. Saat waktu shalat datang, kadang rapat sedang seru-serunya sehingga tidak mungkin ditinggalkan. Seringkali ketika terdengar kumandang adzan, rapat dihentikan sejenak dan saat adzan usai kegiatan berlangsung kembali dan bukannya mengerjakan shalat.

Tentunya akan lebih nikmat jika saat terdengar adzan berkumandang, rapat dihentikan untuk mempersiapkan shalat berjamaah dan setelah itu rapat dapat dilangsungkan kembali. Andai cara ini dilakukan mungkin kita kita akan semakin memahami “berdirilah karena Allah (dalam shalatmu) dengan khusyuk”karena seluruh peserta rapat ikut berjamaan dan masuk kembali dengan kecerahan hati.

Mampukan kita memelihara shalat dan berdiri dengan khusyuk disaat kita sibuk sehingga kita mamapu memelihara shalat Wusthaa?

Hanya hati dan kemauan diri kita yang harus menjawab.

Semoga kita mampu memelihara shalat dan tidak sekedar mengerjakan shalat

Mohon maaf jika ada salah dalam memahaminya, karena ini memang bukan tafsir tapi mencoba memahami ayat-ayar Al Qur’an dari hidup keseharian.

 

Tags: ,

5 Responses to Shalat di Waktu Rapat

  1. ekoyanto says:

    pak nur,
    saya mencoba berkomentar dari sisi kedisiplinan kerja dan ketertiban rapat..
    kita ini terbiasa dengan memulai rapat terlambat dan rapat yg molor berlarut-larut ..
    mestinya kita bisa membudayakan rapat terjadwal dan tepat waktu, sehingga rapat bisa dilaksanakan tanpa mengganggu yg sholat atau sebaliknya..
    sebagai pembanding, maaf saya harus mengambil contoh kebiasaan (budaya?) di luar negeri (mis. australia).. untuk break/jedah dari aktifitas kerja, mereka punya jadwal 3 kali dalam sehari yang dilakukan dengan tertib tanpa mengganggu aktifitas kerja termasuk rapat.. , yakni (1).morning tea (waktunya bersamaan dgn sholat dhuhur), (2).lunch time, dan (3).afternoon tea (waktunya bersamaan dgn sholat ashar).. toh dgn 3 kali break mereka juga bisa menjadi negara maju tanpa kehilangan waktu kerja.. jadi, mestinya kita bisa “mengadopsi budaya break” tersebut dimanfaatkan untuk sholat..
    tetapi pertanyaannya yaitu, apakah kita bisa meniru disiplin dan efisiensi kerja mereka, termasuk tidak terganggu “kepentingan pribadi” seperti misalnya kegiatan ternak teri?
    salam,
    eko

  2. Avatar of nurhidayat nurhidayat says:

    Makasih Pak Eko
    memang itulah yg terjadi
    dalam pengajian saya tiap minggu di As salam juga diingatkan hal itu dan pengajian dimulai tepat jam 8 berapapun pesertanya dengan alasan dari Ustadznya kita harus lebih menghargai yang tepat waktu bukan yang molor waktu
    kita kadang sudah mulai rapat lalu ada senior telah, maka pimpinan mengulang lagi apa yg telah disampaikan
    semoga kita sadar akan hal ini

  3. senja nuansari says:

    mantap

  4. hasmapuri says:

    anak saya lahir pada hari minggu tanggal 4 Desember 1983 kira2 jm 10. klo di kalender jawa jatuh hari apa tris

  5. Avatar of nurhidayat nurhidayat says:

    Minggu Wage, 4 Desember 1983, 28 Sapar 1916 Tahun EHE Windu SANGARA, 28 Safar 1404H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>