Enterobacter

E. coli merupakan penyebab infeksi ekstraintestinal, penyebab infeksi saluran kemih (ISK), beragam infeksi intra-abdomen, pneumonia, meningitis, infeksi perangkat intravaskular, osteomielitis dan infeksi jaringan lunak. E. coli merupakan penyebab utama sepsis berat, dengan sepsis peringkat sebagai penyebab kematian kesepuluh di Amerika Serikat.
Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan masalah kesehatan utama yang mempengaruhi jutaan orang setiap tahun. ISK biasanya dimulai sebagai infeksi kandung kemih, sering naik untuk mempengaruhi ginjal, dan akhirnya dapat menyebabkan gagal ginjal, bakteremia, sepsis berat, dan bahkan kematian. Escherichia coli adalah agen etiologi yang paling umum dari komunitas penderita ISK. Uropathogens lain, adalah Klebsiella pneumoniae, yang juga banyak ditemukan pada ISK.
Bakteri dari genus Enterobacter dianggap patogen oportunistik yang jarang menyebabkan penyakit pada individu sehat. Namun, E. sakazakii menjadi perhatian baik untuk industri makanan, kesehatan dan masyarakat dan telah terlibat dalam beberapa wabah dan kasus sporadis penyakit terutama neonatus. Kasus infeksi memiliki fatalitas tinggi 40 sampai 80 %, dan korban sering menderita gangguan neurologis yang parah.
E. sakazakii termasuk dalam famili Enterobacteriaceae (EB) dan bukan merupakan bagian dari mikroflora normal saluran pencernaan manusia atau hewan. Sedikit yang diketahui tentang ekologi, taksonomi, dan virulensi E. sakazakii. Meskipun reservoir dan modus penularan mikroorganisme ini belum jelas diidentifikasi, susu bubuk formula bayi ( PIF ) telah menjadikan sejumlah wabah meningitis neonatal. Karena kapasitasnya untuk mengumpulkan trehalosa, E. sakazakii memiliki kemampuan bertahan untuk jangka waktu yang lama dalam makanan dengan aktivitas air rendah dan dapat membentuk biofilm.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>