Media Fermentasi

Suatu strain mampu memberikan hasil yang tinggi dari produk yang diinginkan saat dikembangkan dalam laboratorium belum tentu memberikan hasil yang sama ketika diaplikasikan dalam skala industri. Dalam bidang industri yang diperlukan adalah medium yang cocok secara ekonomi. Medium yang digunakan dapat padat ataupun cair.

Pada fermentasi antibiotika, bahan baku yang digunakan tidak boleh mahal karena produk yang dihasilkan tidak mahal, namun pada produksi steroid produk bernilai lebih mahal sehingga penggunaan substrat dapat dipilih yang lebih dominan agar dihasilkan produk dalam jumlah lebih banyak. Dalam fermentasi konvensional umumnya digunakan bahan baku yang tidak mahal, misalnya limbah biji-bijian, daging, prosesing serat dan sebagainya. Dalam perkembangan produk bioteknologi dibutuhkan medium yang mahal seperti untuk pertumbuhan sel mamalia dan tanaman.

Medium kultur harus mengandung semua elemen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan mikrobia, dalam proporsi yang serupa dengan yang ada pada sel mikrobia (Tabel 5.1). Umumnya yang disebut makronutrien adalah yang dibutuhkan dalam jumlah besar seperti C, H, O, N. Mesonutrien dibutuhkan dalam jumlah lebih sedikit seperti Mg, P, S, dan mikronutrien dibutuhkan dalam jumlah sangat sedikit seperti Fe, Cu, Zn, dan Mo.

Tags: ,

6 Responses to Media Fermentasi

  1. Zulham says:

    Mau tanya pak… Saya pernah mendapatkan pupuk cair yang di dalam nya mengandung balteri dan jamur sebagai mikroorganisma di dalam larutan pupuk cair tersebut. Selain bisa berfungsi sebagai pupuk cair, juga bisa berfungsi sebagai desinfektan dan bisa membuat kompos.

    Pertanyaan saya, saya menggunakan larutan (pupuk cair) tersebut unuk membuatpupuk cair dengan media kotoran sapi. kebetulan saya punya ternak sapi. Apakah terjadi nya fermentasi di kotoransapi tersebut bisa digunakan lagi sebagai starter di fermentasi berikutnya (kotoran sapi yg baru)

    Terima kasih

  2. permisi pak mau tanya

    itu tablenya mana ya pak ??
    apakah mengarah ke page lainnya ??

    klo boleh bisa kasih tau link tersebut ??

    terima kasih

  3. Avatar of nurhidayat nurhidayat says:

    tabelnya di buku saya Mikrobiologi Industri. dapat beli di toko buku

  4. sagarichan says:

    baik pak terima kasih. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>