Campylobacteriosis

Campylobacter umumnya ditemukan pada saluran pencernaan hewan liar dan peliharaan. Bakteri Ini besifat fakultatif (mikroaerofilik-membutuhkan O2 5% dan CO2 10%), gram negatif, tidak membentuk spora, spiral kurva berbentuk batang, yang motil dengan flagela, sekarang menjadi penyebab terbesar dari penyakit bawaan makanan di Amerika Serikat.
bakteri ini telah diidentifikasi sebagai agen penyebab penyakit hewan teutama unggas, sapi, dan domba, dan merupakan mikrobiota umum pada daging unggas mentah. Saat ini metode deteksi dan isolasi mikroorganisme ini telah diperbaiki, karena dicurigai sebagai penyebab wabah penyakit bawaan makanan. Mikroba ini sekarang diakui sebagai salah satu penyebab utama diare bakteri dan penyakit lain.
Mikroba ini mudah dirusak dengan pemanasan makanan yang terkontaminasi sampai 60 º C (suhu internal) selama beberapa menit ( sekitar 10 menit untuk unggas). Infeksi patogen ini dapat dikurangi melalui mencuci tangan dengan sabun dan air panas selama minimal 18 detik sebelum menyiapkan makanan dan antara penanganan baku dan siap
makan.
sumber:
Norman G. Marriott and Robert B. Gravani. 2006. Principles of Food Sanitation. Springer Science+Business Media, Inc. New York.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>