Belajar dari Melawan bakteri dengan bakteri

Penggunaan antibiotika yang dilakukan terus menerus mengakibatkan adanya peningkatan resistensi microbial. Oleh sebab itu kini mulai dikembangkan penggunaan bakteri probiotik sebagai alternative untuk mengurangi pathogen pada bidang peternakan. Sejumlah penelitian telah dilakukan, namun bagaimana pola kerjanya belaum banyak diketahui dengan baik. Sebagai contoh penggunaan Enterobacter faecium mampu menurunkan bakteri pathogen pada babi terutama Salmonella enteric pada epitel usus.
Mendasarkan pada penelitian mikrobiologis tersebut kita dapat mengambil teladan bahwa untuk melawan keburukan pada diri kita maka sebaiknya yang dilakukan adalah meningkatkan kebaikan dalam diri kita pula bukan dengan mengekang atau mematikan sumber kejahatan dari luar namun kejahatan di dalam tetep berkembang. Hanya dengan menumbuhkan sikap baik dalam sanubari maka sifat jahat akan terkikis seperti probiotik yang akan menekan bakteri pathogen.
Allah telah mengajarkan pada umatnya bahwa bakteri jahat dapat dilawan dengan bakteri baik dengan menambah jumlah bakteri baik. Maka lawanlah sifat jahat dengan menambah sifat baik. Maka secara pasti sifat baik akan menguasai hatimu.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>