Allah mengabulkan segala do’a?

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa (ujiibuda’wat) apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”. (QS 2:186)
Ayat di atas jelas-jelas menyebutkan Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa. namun seringkali kita lupa lanjutan ayat ini yaitu:
1. hendaklah mereka memenuhi segala perintahku
2. beriman kepadaku
3. selalu dalam kebenaran
marilah kta mencoba introspeksi ketikakita berdoa.
benarkah kita telah memenuhi segala perintahnya?
atau jangan-jangan kita justru melaksanakan apa yang tidak diperintahkan dan meninggalkan yang diperintahkan. sebagai contoh kita diperintahkan meninggalkan sesembahan selain kepadaNya namun seringkali kita justru melakukan sesembahan dengan alasan pelestarian budaya. kita lebih percaya kalau memeroleh sesuatu dari rebutan sesaji maka akan mendapat barooqah sehingga melepaskan diridari syariat demia rebutan dan mencederai orang lain.
beriman kepada Allah mudah diucapkan namun kenyataannya kita mudah meninggalkannya.
selalu dalam kebenaran rasanya menjadi lebih sulit bahkan ada yang berdo’a untuk sebuah perbuatan yang tidak benar
jadi pantaskan do’a kita dikabulkan?
hanya hati ini yang tahu

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>