Membuat Pendahuluan pada naskah Skripsi

Membuat pendahuluan gampang-gampang susah, banyak mahasiswa terkendala pada Bab ini, Bab ini seringkali digunakan sebagai langkah awal seorang pembimbing untuk mengetahui maksud yang diinginkan oleh bimbingannya ketika akan maju membuat skripsi.
Pendahuluan dibuat dalam bentuk ringkas sehingga harus memuat hal-hal yang dapat disajikan agar orang yang membaca memahami apa yang akan anda sampaikan pada bab-ban selanjutnya.
Dalam pendahuluan, anda harus dapat menunjukkan masalah apa yang akan dibahas dan apa latra belakangnya. Latar belakang ini harus didukung oleh penelitian-penelitian sebelumnya sehingga orang akan tahu sejauh mana perkembangan masalah tersebut dan anda masuk ke sisi yang mana. Oleh sebab itu, membuat pendahuluan harus dimulai dari pengetahuan anada tentang masalah tesebut kemudian sampai sejauh mana hal tersebut telah diteliti. Sebagai contoh anda akan meneliti tentang ekstraksi pectin dari limbah nangka, maka anda harus mengetahui (dari pustaka) atau menyajikan berapa banyak kandungan pectin pada bahan tersebut, berapa potensinya dan sejauh mana cara ekstraksi yang telah diteliti, adakah kelemahan atau kekurangan dari penelitian yang telah ada? Jika telah anda temukan mulailah dari ini untuk menunjukkan masalah yang akan diteliti.
Pendahuluan pada dasarnya berguna bagi siapa saja yang akan membaca naskah anda apakah layak ataukah tidak. Jadi? Mulailah dengan hal yang menarik, ringkas, terstruktur dan memuat semua informasi yang dibutuhkan untuk mendukung ide anda atau jika sebagai laporan memuat informasi yang mengikuti perkembangan temuan anda.
Pada awal paragraph sebaiknya anda tidak bercerita tentang komoditasnya, tetapi mulai dengan permasalahan yang akan diteliti. Sebagai contoh di atas anda tidak perlu cerita tentang produksi nangka tetapi kebutuhan dan ekstraksi pectin. Tujuan penelitian adalah hal paling penting untuk disajikan maka tujuan harus didukung oleh pustaka-pustaka agar menjadi menarik. Mengapa anda melakukan penelitian ini juga harus muncul sehingga masalah dan manfaat penelitian akan terjabarkan dengan mudah.
Dalam pendahuluan, anda diperkenankan membahas pustaka yang ada sehingga mendukung hasil yang akan/telah anda peroleh secara global.Jika pendahuluan adalah untuk hasil maka sajikan hasil secara global, sedang jika untuk proposal sajikan apa yang akan diperoleh. Dalam pendahuluan untuk proposal dapat dimunculkan pertanyaan yang menjadikan pentingnya penelitian anda, sedang pada hasil dapat pertanyaan yang muncul dari hasil yang diperoleh. Susunlah pendahuluan dari hal umum ke hal khusus yang akan diteliti/dilaporkan.
Selamat membuat pendahuluan dan selamat mengerjakan skripsi.
Salam
Nur Hidayat

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>