Mangga

Mangga (Mangifera indica) merupakan buah yang banyak digemari karena rasanya yang manis dan segar. Mangga sering dikonsumsi baik dalam keadaan segar atupun olahan. Konsumsi buah dan sayuran alam jumlah tinggi seringkali dikaitkan dengan makin berkurangnya resiko terkena penyakit degenerative. Hal ini seringkali dikaitkan dengan adanya berbagai senyawa antioksidan di dalamnya. Namun demikian, buah ini tidak memiliki umur simpan yang lama dan mudah mengalami pembusukan ketika disimpan pada suhu kamar. Perlakuan dengan air panas setelah pemanenan  juga mengakibatkan percepatan proses pemasakan.

Klasifikasi mangga adalah sebagai berikut:

Kingdom              : Plantae

Class                      : Mangoliopsida

Phylum                 : Mangoliophyta

Order                    : Sapindales

Family                  : Anacardiaceae

Genus                   : Mangifera

Species                 : indica

Beberapa spesies mangga adalah: Mangifera altissima, Mangifera applanata Mangifera caesia, Mangifera camptosperma, Mangifera casturi, Mangifera decandra, Mangifera foetida, Mangifera griffithii, Mangifera indica, Mangifera kemanga, Mangifera laurina, Mangifera longipes, Mangifera macrocarpa, Mangifera mekongensis, Mangifera odorata, Mangifera pajang, Mangifera persiciformis, Mangifera quadrifida, Mangifera siamensis, Mangifera similis, Mangifera swintonioides Mangifera sylvactia, Mangifera torquenda, dan Mangifera zeylanica.

Nama daerah untuk mangga adalah Jawa: Pelem, Poh; Sansekerta: Ambrah, Madhuulii, Madhuula, Madhuulaka; Inggris: Mango; Hindi: Aam; Perancis: Mangot, Mangue, Manguier; Portugis: Manga, Manguiera; Belanda: Manja; Tamil: Ambiram, Mambazham, Mambalam, Mangai; Punjabi: Amb, Wawashi; Gujarat: Ambo, Keri; Kashmir: Amb dan sebagainya.

Pengolahan mangga baik skala besar maupun kecil dan juga konsumsi buah segar acapkali menghasilkan limbah yang cukup besar. Sebagai contoh, pengolahan mangga menjadi juice, nectar, puree, leather atupun jam akan menghasilkan limbah 35 – 65 % yang terdiri dari kulit, biji, dan bagian buah yang tidak terolah. Limbah mangga ini sebenarnya masih dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan ataupun produk pangan fungsional dan nutraceutical.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>