Tugas Klasifikasi Organisme

klasifikasi merupakan upaya orang untuk melihat kesamaan satu organisme dengan yang lainnnya sehingga diketahui hubungan kekerabatannya dan dapat dihindari adanya satu organisme dengan nama lebih dari satu
tuliskan satu spesies organisme dan klasifikasinya. sebutkan manfaat atau bahayanya organisme tersebut bagi kehidupan kita.
jika organisme tersebut telah digunakan teman anda, anda masih dapat menggunakannya asalkan manfata/bahaya yang saudara sebutkan tidak sama
sertai dengan link sumber pustaka
jangan lupa tulis nama, nim dan klas apa
selamat mengerjakan

jawaban langsung pada blog ini.

tugas ditutup sebelum kuliah minggu berikutnya dilaksanakan

Tags: , , ,

331 Responses to Tugas Klasifikasi Organisme

  1. abi karami says:

    Nama: Abi Karami
    NIM: 145100300111096
    Kelas: P

    Tanaman Kecubung Gunung

    Kingdom: Plantae

    Subkingdom: Tracheobionta
           
    Super Divisi: Spermatophyta  
           
    Divisi: Magnoliophyta
       
    Kelas: Magnoliopsida

    SubKelas: Asteridae

    Ordo: Solanales

    Famili: Solanaceae

    Genus: Datura
                                       
    Spesies: Datura suaveolens Humb.

    Manfaat (+)

    Hanya memiliki fungsi sebagai obat luar bagi penderita impotensi jika dicampurkan dengan lemak.

    Bahaya (-)

    Golongan kecubung berbunga putih (salah satunya kecubung gunung) termasuk dalam tanaman kecubung paling beracun. Zat alkaloid yang bersifat sebagai penenang terdapat pada semua bagian tanaman ini. Jika seseorang keracunan ramuan kecubung, jangan sampai tertidur. Diharapkan langsung meminum kopi keras dan menghirup udara segar.

    Sumber:
    http://m.kompas.com/health/read/2010/10/21/13450463/Bahaya.dan.Manfaat.Daun

    http://www.plantamor.com/index.php?plant=450

  2. Hanun Ari W says:

    Nama : Hanun Ari Wulandari
    NIM : 145100300111058
    Kelas : L
    Klasifikasi kepiting bakau
    Kingdom : Animalia
    Phylum : Arthropoda
    Kelas : Crustaceae
    Ordo : Decapoda
    Famili : Portunidae
    Genus : Scylla
    Spesies : Scylla serrata

    Manfaat kepiting bakau:
    - Kepiting bakau memiliki nilai protein yang tinggi
    Mengonsumsi kepiting bakau akan mendapatkan nilai gizi protein yang tinggi. Sehingga baik untuk masa pertumbuhan
    - Mempunyai nilai ekonomis tinggi
    Manfaat kepiting bakau yang lain yaitu memiliki nilai ekonomis yang relatif tinggi dibandingkan kepiting jenis lain. Selain itu mulai meningkatnya permintaan ekspor kepiting bakau hingga beberapa negara. Sehingga akan meningkatkan taraf hidup penduduk di daerah hutan bakau dan sekitarnya.
    Kerugian kepiting bakau:
    Kepiting bakau merupakan jenis seafood yang mempunyai kolesterol jahat yang tinggi. Sehingga, mengonsumsi kepiting wajib dihindari bagi risiko penderita tekanan darah tinggi dan jantung koroner.
    Daftar pustaka
    Agus, Muhamad. (2008). Analisis Carryng Capacity Tambak pada Sentra Budidaya Kepiting Bakau (Scylla sp) di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Tesis Magister pada Program Studi Magister Manajemen Sumberdaya Pantai Universitas Diponegoro: tidak diterbitkan
    Dr. Wox. 2013. Jenis dan Bahaya Makanan Berkolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui. http://drwox.com/jenis-dan-bahaya-makanan-berkolesterol-tinggi-yang-wajib-anda-ketahui/. diakses pada tanggal 6 April 2015 pukul 08.00 WIB
    Triyanto, et al. 2012. Pengembangan Silvofishery Kepiting Bakau (Scylla serrata) dalam Pemanfaatan Kawasan Mangrove di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Prosiding Seminar Nasional Limnologi VI Tahun 2012

  3. JHEY MURIKO DENO says:

    NAMA : JHESY MURIKO DENO

    KELAS : L

    NIM : 145100307111014

    Kunyit yang memunyai nama latin Curcuma domestica Val. merupakan tanaman yang mudah diperbanyak dengan stek rimpang dengan ukuran 20-25 gram stek. Bibit rimpang harus cukup tua. Kunyit tumbuh dengan baik di tanah yang tata pengairannya baik, curah hujan 2.000 mm sampai 4.000 mm tiap tahun dan di tempat yang sedikit terlindung. Tapi untuk menghasilkan rimpang yang lebih besar diperlukan tempat yang lebih terbuka. Rimpang kunyit berwarna kuning sampai kuning jingga. (Sumiati , 2004.)

    Klasifikasi ilmiah kunyit

    • Kerajaan : plantae
    • Divisio : Spermatophyta
    • Sub-diviso : Angiospermae
    • Kelas : Monocotyledoneae
    • Ordo : Zingiberales
    • Famili : Zungiberaceae
    • Genus : Curcuma
    • Species : Curcumadomestica Val.
    Beberapa kandungan kimia dari rimpang kunyit yang telah diketahui yaitu miny`k atsiri sebanyak 6% yang terdiri dari golongansenyawa monoterpendan sesquiterpen

    Beberapa kandungan kimia dari rimpang kunyit yang telah diketahui yaitu miny`k atsiri sebanyak 6% yang terdiri dari golongansenyawa monoterpendan sesquiterpen (meliputi zingiberen, alfa dan beta-turmerone). zat warna kuning yang disebut kurkuminoid sebanyak 5% (meliputi kurkumin 50-60%,monodesmetoksikurkumin dan bidesmetoksikurkumin), protein, fosfor, kalium, besi dan vitamin C. Dari ketiga senyawa kurkuminoid tersebut,kurkumin merupakan komponen terbesar. Sering kadar total kurkuminoiddihitung sebagai % kurkumin, karena kandungan kurkumin paling besar dibanding komponen kurkuminoid lainnya. Karena alasan tersebut beberapa penelitian baik fitokimia maupun farmakologi lebih ditekankan pada kurkumin.(Sumiati , 2004.)

    (meliputi zingiberen, alfa dan beta-turmerone). zat warna kuning yang disebut kurkuminoid sebanyak 5% (meliputi kurkumin 50-60%,monodesmetoksikurkumin dan bidesmetoksikurkumin), protein, fosfor, kalium, besi dan vitamin C. Dari ketiga senyawa kurkuminoid tersebut,kurkumin merupakan komponen terbesar. Sering kadar total kurkuminoiddihitung sebagai % kurkumin, karena kandungan kurkumin paling besar dibanding komponen kurkuminoid lainnya. Karena alasan tersebut beberapa penelitian baik fitokimia maupun farmakologi lebih ditekankan pada kurkumin.(Sumiati , 2004.)

    Morfologi tanaman kunyit atau ciri-ciri

    Tanaman kunyit tumbuh bercabang dengan tinggi 40-100 cm. Batang merupakan batang semu, tegak, bulat, membentuk rimpang dengan warna hijau kekuningan dan tersusun dari pelepah daun (agak lunak). Daun tunggal, bentuk bulat telur (lanset) memanjang hingga 10-40 cm, lebar 8-12,5 cm dan pertulangan menyirip dengan warna hijau pucat. Berbunga majemuk yang berambut dan bersisik dari pucuk batang semu, panjang 10-15 cm dengan mahkota sekitar 3 cm dan lebar 1,5 cm, berwarna putih/kekuningan. Ujung dan pangkal daun runcing, tepi daun yang rata. Kulit luar rimpang berwarna jingga kecoklatan, daging buah merah jingga kekuning-kuningan.

    Sumber

    http://www.petanihebat.com/2013/03/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman_15.html

  4. Afri Ananda Nugroho says:

    Nama : Afri Ananda Nugroho
    Kelas : P
    NIM : 145100300111026
    Pohon Salam
    Klasifikasi
    Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
    Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
    Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
    Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
    Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
    Sub Kelas: Rosidae
    Ordo: Myrtales
    Famili: Myrtaceae (suku jambu-jambuan)
    Genus: Syzygium
    Spesies: Syzygium polyanthum Wigh Walp
    Sinonim: Eugenia polyantha Wight

    Manfaat pohon salam
    Daun salam digunakan untuk pengobatan: Kolesterol tinggi, Kencing manis (Diabetes mellitus), Tekanan darah tinggi (Hipertensi), Radang lambung/maag (gastritis) dan Diare.
    Beberapa manfaat daun salam untuk mengobati penyakit secara alami dapat kita peroleh dengan resep sebagai berikut:
    - Daun salam sebagai obat sakit Diare. Sediakan 15 lembar daun salam lalu cuci hingga bersih. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih, lalu tambahkan sedikit garam dan biarkan hingga dingin. Saring airnya dan minum.
    - Daun salam untuk mengobati Kencing Manis / Diabetes Mellitus. Siapkan sekitar 7-15 lembar daun salam yang masih segar. Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tunggu hingga air yang tersisa tinggal 1 gelas. Peras dan saring airnya, lalu minum 2x sehari tiap sebelum makan.
    - Daun salam untuk obat sakit Asam Urat. Manfaat daun salam ini dapat Anda peroleh dengan menyediakan sekitar 10 lembar daun salam yang masih segar, lalu cuci hingga bersih, kemudian rebus menggunakan 4 gelas air dan tunggu hingga mendidih dan air yang tersisa tinggal 2 gelas. Saring airnya dan minum.
    - Daun salam sebagai obat Sakit maag (gastritis). Siapkan sekitar 15-20 lembar daun salam yang masih segar, kemudian cuci hingga bersih dan rebus menggunakan 0,5 liter air hingga mendidih selama 15 menit. Setelah mendidih, beri gula enau secukupnya. Tunggu hingga agak dingin dan minum airnya. Anda dapat meminum ramuan ini setiap hari hingga maag Anda sembuh.
    - Kudis, gatal. Daun atau kulit batang atau akar, dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ketempat yang sakit.
    Pohon salam mempunyai daun yang lebat, daun nya berbentuk lonjong. Kasiat daun salam sudah dipercaya sejak dulu oleh sebagian masyarakat. Dalam hal bumbu masakan, daun salam sering kali digunakan. Bila kita tidak mempunyai tanaman tersebut kita bisa membeli dipasar tradisional, banyak sekali dijual dipasar dengan harga yang sangat murah. Manfaat daun salam untuk mengobati penyakit seperti yang terdapat diatas biasanya bisa dilakukan secara tradisional seperti merebus beberapa lembar daun salam dengan takaran air tersediri hingga mendidih, setelah itu diminum hasil rebusan tersebut.

    Sumber : http://thryadi.blogspot.com/2013/12/klasifikasi-deskripsi-dan-khasiat-daun.html#ixzz3WV0IFjKL

  5. rahmad hidayat says:

    Nama : Rahmad hidayat
    Kls : L
    Nim : 145100301111058

    Ganggang hiaju
    KLASIFIKASI Chlorophyta (Green Algae)
    Kingdom : Plantae
    Divisio : Chlorophyta
    Class : Chlorophyceae
    Ordo : Halimedales
    Genus : Caulerpa
    Species : Chlorella pyrenoidosa

    Ganggang hijau sangat baik untuk menangani penderita demam berdarah dengue. Tumbuhan ini mampu mempercepat penyembuhan dan memperbaiki kondisi kesehatan pasien. Hal itu terungkap dalam penelitian bersama sejumlah peneliti dari Rumah Sakit yang berada di seluruh Indonesia, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI)..
    Sebanyak 82 penderita demam berdarah berat diikutsertakan dalam penelitianHasilnya, penggunaan ganggang hijau mampu secara signifikan mempercepat penyembuhan, memperbaiki permeabilitas vaskuler, dan meningkatkan trombosit. Ganggang hijau dapat membantu mengatasi konstipasi/sembelit, memperbaiki sistem imunitas pencernaan, menawarkan racun dari tubuh, mempercepat penyembuhan, melindungi tubuh dari radiasi, membantu mencegah penyakit degeneratif, membantu penanganan infeksi jamur Candida albicans, menangani penyakit radang sendi, dan membantu program penurunan berat badan. Klorofil dalam ganggang hijau efektif melawan penyakit Anemia dan menstimulasi produksi sel darah merah dalam tubuh. Ganggang hijau juga membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh dan otak. Karena hal inilah maka mengapa ganggang hijau sering disebut sebagai makanan otak. Membantu melawan kanker yang meliputi kemampuan memperbaiki kerusakan DNA dan mempengaruhi ekspresi gen.

    Sumber:
    http://irrandy.blogspot.com/2013/09/manfaat-ganggang-hijau.html#close
    https://pobersonaibaho.wordpress.com/tag/chlorophyta/

  6. Avatar of nurhidayat nurhidayat says:

    kurang lengkap banyak urutan yg hilang

  7. Avatar of nurhidayat nurhidayat says:

    klasfikasi masih aturan lama

  8. Avatar of nurhidayat nurhidayat says:

    klasifikasi kurang lengkap

  9. Avatar of nurhidayat nurhidayat says:

    anda klas C atau L?

  10. Avatar of nurhidayat nurhidayat says:

    di klas C kok nama anda tidak ada?

  11. Avatar of nurhidayat nurhidayat says:

    nama anda tidak ada di kelas ini

  12. Eka Fitria Wahdana Putri says:

    Nama : Eka Fitria Wahdana Putri
    NIM : 145100301111039
    Kelas : L

    JAHE MERAH

    Jahe atau zingiber officinale merupakan salah satu tanaman berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat populer dikalangan masyarakat baik sebagai bahan rempah dapur ataupun bahan obat. Jahe dipekirakan berasal dari asia pasifik yang penyebarannya mulai dari India hingga wilayah cina. Dari India, jahe mulai dijadikan sebagai bahan rempah untuk diperjualbelikan yang jangkauan pemasarannya hingga wilayh asia tenggara, jepang, tiongkok, hingga wilayah timur tengah.
    Jahe masuk kedalam suku temu-temuan (Zingiberancae), nama imiah jahe berasal dari bahasa yunani zingiberi yang diberikan oleh seorang bernama William Roxburgh. Tanaman ini masih masih satu famili dengan temu-temuan lainnya semisal temu hitam (curcuma aeruginosa), kencur (Kaempferia galanga), temu lawak (Cucuma xanthorrizha), lengkuas (Languas galangal), dan sebagainya.
    Klasifikasi Dan Ciri Umum Tanaman Jahe
    Klasifikasi Ilmiah
    • Divisi : Spermatophyta.
    • Sub-divisi : Angiospermae.
    • Kelas : Monocotyledoneae.
    • Ordo : Zingiberales.
    • Famili : Zingiberaceae.
    • Genus : Zingiber.
    • Species : Zingiber officinale
    Nama Daerah :
    beeuing (Gayo), jahe (Sunda), bahing (Batak Karo), halia (Aceh), jahi (Lampung), sipodeh Minangkabau), jhai (Madura), lain jae (Jawa dan Bali), melito (Gorontalo), dsb

    Ciri Umum Tanaman Jahe :

    Tanaman yang bisa bertahan hidup di daerah tropis dan dikenal memiliki rasa pedas dan hangat pada rimpangnya ini, memiliki beberapa ciri umum yang mudah dikenali, yaitu :
    • Tanaman sejenis herba, tumbuh tegak dengan ketinggian pohon antara 30-60 cm.
    • Batang pohon semu, beralur dan memiliki warna hijau.
    • Daun tunggal dan berwarna hijau tua, tangkai daun berbulu halus, helai daun berbentuk lanset, bagian tepi rata dan bagian ujung runcing serta pangkal daun tumpul. Panjang daun antara 20-40 cm dan lebar antara 2-4 cm.
    • Bunga berupa malai tumbuh dari dalam tanah berbentuk tongkat atau bundar telur, panjang malai berkisar antara3,5-5 cm dengan lebar 1,5-1,75 cm. Gagang bunga hampir tidak berbulu dengan panjang sekitar 25 cm, sisik pada bunga berjumlah 5-7 buah, berbentuk lanset. Letaknya berdekatan, panjang sisik 3-5 cm. mahkota bunga berbentuk tabung 2 – 2,5 cm dengan helai agak sempit, memiliki bentuk tajam, warna kuning kehijauan, panjang sekitar 1,5 – 2,5 mm dengan lebar 3 – 3,5 mm, bibir berwarna ungu, gelap, berbintik-bintik berwarna putih kekuningan, panjang 12 – 15 mm ; kepala sari berwarna ungu, dengan panjang 9 mm, tangkai putik berjumlah 2.
    • Buah berbentuk bulat hingga bulat panjang, berwarna coklat sedang biji berbentuk bulat dengan warna hitam.
    • Akar berbentuk serabut dengan warna putih kotor. Rimpang tebal dan agak melebar, tumbuh bercabang-cabang. Warna rimpang kuning pucat. Bagian dalam berserat agak kasar, warna kuning muda dengan bagian ujung berwarna merah muda. Rimpang memiliki aroma khas dan rasa pedas.Rimpang dapat dibedakan menjadi tiga bagian sesuai dengan ukuran dan warna yang dimiliki yaitu : Jahe besar (jahe gajah/jahe badak), jahe kecil (jahe emprit), dan jahe merah (jahe sunti)
    Kandungan kimia jahe
    Pemanfaatan jahe oleh manusia yaitu pada bagian rimpangnya. Rimpang jahe mengandung minyak asitri dimana didalamnya terkandung beberapa senyawa seperti Zingeron, seskuiterpen, oleoresin, zingiberen, limonen, kamfena, sineol, zingiberal, sitral, felandren, dan borneol. Selain itu, terdapat juga damar, pati, vitamin A, B, C, senyawa flavonoid dan polifenol, serta asam organik seperti asam malat dan asam oksalat.

    Manfaat Jahe Merah untuk pengobatan antara lain:

    1. Sebagai obat pencahar
    2. Menguatkan lambung
    3. Peluruh masuk angin dan cacing penyebab penyakit
    4. Mengatasi sakit pinggang , encok, dan nyeri otot
    5. Mengatasi masalah pada pencernaan
    6. Mengatasi radang tenggorokan
    7. Sebagai obat asma
    8. Meningkatkan daya penglihatan anda
    9. Mengatasi kurang darah, sakit kusta, borok, dan demam
    10. Meningkatkan sirkulasi darah dari dan ke jantung, sehingga kesehatan jantung akan terjaga.
    11. Meningkatkan stamina tubuh
    12. Merangsang keluarnya ASI pada ibu menyusui
    13. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    14. Meningkatkan nafsu makan.
    15. Mengatasi impotensi pada pria

    Bahayanya Jahe Merah
    Meskipun jahe merah ini cukup baik mengobati beberapa jenis penyakit, tapi untuk mereka yang menderita penyakit maag harus berhati-hati. Kandungan gingerol nya yang tinggi bisa membuat lambung panas dan teriritasi. Sehingga menambah kronis si penderita maag. Sebaiknya untuk penderita penyakit maag disarankan tidak mengkonsumsi Jahe Merah ataupun jahe-jahe lainnya karena beresiko menyebabkan sakit maag anda semakin parah.

    Sumber:
    http://www.agaricpro.web.id/2015/03/bahaya-jahe-merah-sebabkan-maag-semakin-parah.html
    http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/2013/03/klasifikasi-dan-kandungan-tanaman-jahe.html

  13. Bashory Nur Sidiq says:

    Nama : Bashory Nur Sidiq
    Nim : 145100301111125
    Kelas : Biologi-L

    Klasifikasi dan Nama Ilmiah, Asal Usul: Pisang yang tergolong tanaman buah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat. Tumbuhan ini berdasarkan klasifikasi ilmiahnya tergolong dalam keluarga besar Musaceae, sebagaimana penggolongan dari tingkat Kingdom hingga species berikut ini:

    • Kingdom : Plantae
    • Division : Magnoliophyta
    • Class : Liliopsida
    • Order : Zingiberales
    • Family : Musaceae
    • Genus : Musa
    • Species : Musa Paradisiaca, Linn.

    Menurut literature, pisang merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara, yaitu berasal dari Semenanjung Malaysia dan Filipina. Tetapi ada juga yang menyebutkan bahwa pisang berasal dari Brasil dan India. Dari sini kemudian menyebar hingga ke daerah Pasifik.

    Beberapa manfaat dan khasiat buah pisang untuk kesehatan tubuh dan mengobati berbagai penyakit antara lain:
    1. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.
    2. Mengatasi PMS (Pra Menstruasi Syndrom)
    Tryptophan (asam amino dengan efek penenang alami) yang terkandung pada pisang dapat memperbaiki suasana hati secara alami dan mengurangi sindroma pramenstruasi. Vitamin B6-nya membantu mengurangi perasaan depresi pada perempuan saat menstruasi. Kalsiumnya dapat memperbaiki siklus menstruasi.
    3. Obat hipertensi (tekanan darah tinggi)
    Kandungan kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali. Kandungan seratnya yang mampu mengikat lemak dapat mencegah terbentuknya plak yang berdampak naiknya tekanan darah.
    4. Mencegah penyakit jantung
    Vitamin C dan flavonoid pada pisang yang bersifat antioksidan mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung. Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.
    5. Kesehatan janin
    Ibu hamil disarankan makan pisang karena kandungan asam folatnya mudah diserap janin.
    6. Mengatasi anemia (kurang darah)
    Buah ini juga mengandung zat besi. Dua buah pisang setiap hari, cukup membuat penderita anemia terselamatkan.
    7. Mengatasi gangguan pencernaan
    Pisang memiliki khasiat antasida serta mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung. Penelitian di Inggris terhadap hewan coba, hewan yang diberi makan pisang, dinding lambungnya menjadi lebih kuat. Untuk itu pilihlah pisang yang manis seperti pisang raja. Serat pada pisang melancarkan buang air besar. Vitamin B6-nya membantu meredakan gejala diare.
    8. Menurunkan berat badan
    Karbohidrat kompleks tidak menaikkan kadar glukosa dengan drastis; juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Asalkan, pisang tidak diolah dalam bentuk banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak. Serat pada pisang juga menurunkan berat badan karena melancarkan proses metabolisme.

    Sumber : http://makhey.blogspot.com/2009/08/nama-ilmiah-dan-klasifikasi-nya-pisang.html
    http://kesehatan.gen22.net/2013/03/khasiat-buah-pisang.html

  14. DEWI INTAN PERMANI says:

    Nama : Dewi Intan Permani
    NIM : 145100301111119
    Kelas: L

    Nama umum
    Indonesia: Ekor kucing, buntut kucing
    Inggris: Chenile plant, Red-hot cattail
    Melayu: ekor kucing
    Acalypha hispida

    Klasifikasi
    Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
    Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
    Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
    Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
    Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
    Sub Kelas: Rosidae
    Ordo: Euphorbiales
    Famili: Euphorbiaceae
    Genus: Acalypha
    Spesies: Acalypha hispida Burm.F

    Manfaat
    Tanaman ini mempunyai bunga yang Cantik, dan Ekor kucing dapat anda jadikan sebagai tanaman as.Tidak hanya cantik, Ekor kucing juga sangat berguna untuk bahan obat-obatan.
    Bunga, daun dan akarnya berguna dan bermanfaat.Bunganya dapat dipakai untuk menutup luka bakar. Daunnya dapat pula dipakai sebagai obat luka dan Sariawan.Sedangkan akarnya dapat berguna untuk menghentikan pendarahan.

    Sumber
    http://www.plantamor.com/index.php?plant=12
    http://najlaaurora.heck.in/tanaman-ekor-kucing.xhtml

  15. NARENDA TIRTA DEWI says:

    Nama : NARENDA TIRTA DEWI
    NIM : 145100301111053
    Kelas : L

    Plumeria rubra L. Nama umum
    Indonesia : Kamboja merah
    Pilipina : Kalachuch

    Klasifikasi
    Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
    Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
    Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
    Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
    Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
    Sub Kelas : Asteridae

    Manfaat:
    1.Gonorrhoea dan Borok
    Ada yang meyakini bahwa dengan meminum rebusan akar kamboja, penderita penyakit menular seksual (PMS) kencing nanah atau gonorrhoea dapat dibantu mengatasinya. Oleskan getah kamboja pada borok yang sudah dicuci dengan air hangat.
    2.Mengobati Bisul
    Cara pemakaian untuk mengobati bisul ialah dengan cara memanaskan daun kamboja di atas api sampai layu, kemudian olesi dengan minyak zaitun. Lalu, daun tersebut ditempelkan pada bisul dalam keadaan masih panas.
    3.Mengobati Bisul
    Cara pemakaian untuk mengobati bisul ialah dengan cara memanaskan daun kamboja di atas api sampai layu, kemudian olesi dengan minyak zaitun. Lalu, daun tersebut ditempelkan pada bisul dalam keadaan masih panas.

  16. Novita+Ainur+Rohma says:

    Nama : Novita Ainur Rohma
    NIM : 145100301111122
    Kelas : P

    TEH
    Secara taksonomi, tanaman teh diklasifikasikan sebagai berikut.
    Kingdom : Plantae
    Divisi : Spermatophyta
    Sub divisi : Angiospermae
    Kelas : Dicotyledoneae
    Sub Kelas : Dialypetalae
    Ordo : Guttiferales (Clusiales)
    Familia : Camelliaceae (Theaceae)
    Genus : Camellia
    Spesies : Camellia sinensis

    Manfaat teh:
    1. Menurunkan risiko penyakit kanker
    Senyawa antioksidan dalam teh mencegah terjadinya kerusakan DNA oleh radikal bebas. Teh juga mengandung polyphenol mencegah terjadinya pertumbuhan sel yang tidak terkendali sehingga mampu memperlambat perkembangan kanker, serta terdapat polyphenol tertentu mungkin menghancurkan sel-sel kanker dengan tanpa merusak sel-sel sehat di sekitarnya.
    2. Menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular
    Teh memiliki khasiat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan menurunkan kadar kolesterol darah dan tekanan darah. Pencegahan teh terhadap penyakit kardiovaskular terdapat pada kemampuannya menghambat penyerapan kolesterol dan menghambat penggumpalan sel-sel platelet sehingga mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Polyphenol teh (catechin dan theaflavin) mampu melindungi oksidasi LDL-kolesterol oleh radikal bebas yang diduga berperan penting dalam proses atherogenesis yaitu proses awal pembentukan plaque pada dinding arteri (Pambudi, 2006).
    3. Menurunkan berat badan
    Hal ini dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, 1999 dan penelitian dilakukan oleh Institute of Physiology , University of Fribourg , 8 Switzerland , yang melibatkan 10 orang sebagai sampel. Teh hijau diketahui mempunyai potensi sebagai thermogenesis sehingga mampu meningkatkan pembakaran kalori dan lemak yang berimplikasi terhadap penurunan berat badan.
    4. Mencegah osteoporosis
    Penelitian mengenai hal itu dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi April 2000 dengan melibatkan jumlah sampel wanita berusia 65 hingga 76 tahun sebanyak 1.200 orang di Cambridge, Inggris. Senyawa aktif yang terkandung di dalam teh berperan menyerupai hormon esterogen lemah yang membantu melindungi tulang terhadap osteoporosis. Dalam teh juga mengandung kalsium. Kalsium merupakan mineral penting dalam proses pembentukan tulang. Mineral ini diduga turut berperan dalam memperbaiki tulang para konsumen teh (Pambudi, 2006).

    Bahaya teh:
    Dibalik begitu banyaknya manfaat the, ternyata ada pula efek buruk dari the apabila dikonsumsi secara berlebihan, terlalu manis, terlalu kental, atau diminum sesudah makan. Diantara bahaya tersebut adalah mengganggu fungsi ginjal dan penyerapan zat besi karena membuat zat tannin bersenyawa dengan zat besi yang kemudian akan menjadi sisa makanan yang nantinya tidak terserap oleh tubuh. Hal ini kemudian memicu anemia serta berbahaya bagi ibu hamil. Selain itu, kandungan kafein di dalam teh memicu gairah pada sistem saraf yang kemudian meningkatkan metabolisme dasar sehingga membuat gelisah dan susah tidur, serta dapat memicu jantung berdetak lebih cepat bahkan bisa menghentikan irama jantung.

    Sumber:
    http://id.wikipedia.org/wiki/Camellia_sinensis
    http://eprints.undip.ac.id/22787/2/ISI.pdf
    http://www.majuwanita.com/2015/03/manfaat-dan-bahaya-teh-untuk-kesehatan.html

  17. kharimatul khasanah says:

    Nama : Kharimatul Khasanah
    NIM : 145100300111008
    Kelas : L

    Klasifikasi Teripang (Mentimun Laut)

    Kingdom : Animalia
    Phylum : Echinodermata
    Class : Holothuroidea
    Ordo : Aspidochirotidae
    Family : Holotthuraidae
    Genus : Halothuria
    Spesies : Halothuria edulis

    Manfaat Teripang

    Manfaat Teripang tidak hanya membantu proses penyembuhan stroke & asma. Banyak penyakit maut lain yang dapat disembuhkan oleh teripang seperti diabetes mellitus, jantung koroner, hepatitis, dan psoriasis.
    Teripang mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi hingga mencapai 82% sangat baik diberikan kepada penderita diabetes. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya,akan menyebabkan produksi insulin meningkat. Selain itu mengandung asam lemak essensial yang sangat bermanfaat untuk memperkuat sel hati untuk mengeluarkan antibodi.
    Dengan kandungan manfaat seperti itu teripang seringkali disebut sebagai imunomodulator. Dengan kandungan kolagen yang sangat tinggi, teripang mampu melakukan regenerasi sel dengan cepat. Teripang larut dalam air sehingga sangat cepat terserap oleh hati tanpa mengalami detoksifikasi. Hewan ini juga mengandung senyawa yang bernama lektin yang mampu secara aktif menghambat pertumbuhan sel kanker. Dalam penelitian didapatkan bahwa teripang pada konsentrasi 50 mikrogram mampu menggumpalkan dan menghadang pertumbuhan sel kanker.
    Beberapa Universitas di Malaysia telah melakukan penelitian tentang khasiat dan manfaat teripang untuk kesehatan, dari penelitian yang dilakukan selama 8 tahun mereka menemukan bahwa teripang dapat melancarkan peredaran darah. Selain itu, teripang juga berkhasiat untuk mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah, melancarkan fungsi ginjal, meningkatkan metabolisme, membantu arthritis, juga membantu menyembuhkan diabetes mellitus dan hipertensi serta mempercepat penyembuhan luka, baik luka luar maupun luka dalam. Dalam penelitian tersebut ternyata teripang juga berfungsi sebagai antiseptic alami yang cukup efektif untuk berbagai macam penyakit.
    Teripang juga mengandung Cell Growth Factor (faktor regenerasi sel) yang dapat merangsang regenerasi (pemulihan) sel dan jaringan tubuh manusia yang telah rusak/sakit bahkan telah membusuk sekalipun, sehingga menjadi sehat/pulih kembali. Teripang dipercaya mampu menetralisir keasaman lambung yang meningkat, mengencerkan darah yang mengental akibat turunya trombosit, memperbaiki sirkulasi yang terhambat sebagai efek samping terjangkitnya virus dengue. Artinya teripang berfungsi sebagai antithrombogenik mencegah penggumpalan dan pembekuan melalui pengenceran darah.
    Teripang atau mentimun laut mampu menurunkan tekanan darah lantaran kaya glycosaminogycans. Senyawa itu berefek mengencerkan darah sehingga melancarkan cairan yang tersumbat. Bersama kondroitin sulfat, glycosaminogycans menghilangkan radang otot persendian penyebab linu yang juga dihasilkan saat virus dengue ada dalam tubuh.

    Bahaya Teripang
    Toxic Holothurin yang terdapat dalam teripang dapat mematikan seekor ikan, namun tidak menimbulkan bahaya serius bagi manusia selain iritasi mata atau kulit.

    Sumber :
    http://kuncikesehatanalami.blogspot.com/2009/01/mentimun-laut-penyembuh-radang-usus.html
    http://www.kuliahkelautan.com/2012/10/ilmu-kelautan-avertebrata-filum_8.html
    http://jurnaldanartikel.blogspot.com/2010/05/echinodermata.html
    http://jellygamat.name/artikel-kesehatan/teripang-sembuhkan-virus
    http://khabalidana-city.blogspot.com/2012/11/klasifikasi-invertebrata.html
    http://rahimnetwork.blogspot.com/2011/12/teripang-si-timun-emas-yang-kaya.html

  18. Hanifa Kirana says:

    Nama : Hanifa Kirana Putri Utama
    Kelas : P
    NIM : 145100301111126

    Klasifikasi Buah Merah
    Kerajaan : Plantae
    Divisi : Magnoliophyta
    Kelas : Liliopsida
    Ordo : Pandanales
    Famili : Pandanaceae
    Genus : Pandanus
    Spesies : Pandanus conoideus

    Buah Merah adalah sejenis buah tradisional dari Papua. Oleh masyarakat Wamena, Papua, buah ini disebut kuansu. Nama ilmiahnya Pandanus Conoideus karena tanaman Buah Merah termasuk tanaman keluarga pandan-pandanan dengan pohon menyerupai pandan, namun tinggi tanaman dapat mencapai 16 meter dengan tinggi batang bebas cabang sendiri setinggi 5-8 m yang diperkokoh akar-akar tunjang pada batang sebelah bawah.

    Manfaat :
    1. Menyembuhkan AIDS
    Dikabarkan bahwa kemampuan buah merah menyembuhkan AIDS adalah karena buah merah mengandung banyak tokoferol dan betakaroten yang sangat tinggi. Kedua kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Tokoferol dan betakaroten ini akhirnya berkombinasi untuk memecah asam amino yang dibutuhkan oleh virus penyebab AIDS, HIV, sehingga virus tersebut tak dapat melangsungkan hidupnya.

    2. Mengobati Kanker dan Tumor
    Buah merah Papua dapat mengobati kanker karena kandungan tokoferolnya yang sangat tinggi, yaitu mencapai 11.000 ppm dan betakarotennya mencapai 7.000 ppm. Kedua senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah pembiakan sel-sel kanker di dalam tubuh.

    3. Mengobati Stroke dan Darah Tinggi
    Stroke disebabkan oleh darah yang telah membeku dan penyempitan pembuluh darah. Salah satu penyebab penyakit ini adalah darah tinggi. Tekanan darah tinggi menyebabkan penggumpalan darah sehingga pembuluh darah menyempit, akibatnya supplai darah berkurang. Lebih dari itu, pembuluh darah bisa pecah. Penyakit ini, bila tidak menyebabkan kematian, dapat menyebabkan kelumpuhan anggota badan.

    Darah tinggi sendiri disebabkan oleh kerja jantung yang memompa darah terlalu cepat. Hal ini salah satunya disebabkan oleh karena darah kekurangan oksigen atau oksigen yang terlalu kental.
    Buah merah Papua mengandung tokoferol yang dapat mengencerkan darah dan memperlancar sirkulasi darah sehingga kandungan oksigen dalam darah menjadi normal.

    4. Mengobati Asam Urat
    Asam urat disebabkan karena terganggunya fungsi lever sehingga lever memproduksi asam urat secara berlebihan. Asam urat akhirnya tertampung di dalam ginjal menjadi batu dan dibawa ke ujung-ujung jari tangan dan kaki serta mengumpul di sana.
    Tokoferol dalam buah merah Papua dapat mengencerkan darah dan memperbaiki sistem kerja lever. Sistem kerja lever, setelah diperbaiki, memproduksi kadar asam urat yang normal.

    5. Mengobati Diabetes Mellitus (Kencing Manis)
    Penyakit ini disebabkan karena kelenjar pankreas tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang memadai/cukup. Akibatnya, kandungan gula dalam darah menjadi meningkat.
    Kandungan tokoferol dalam buah merah Papua dapat memperbaiki kerja pankreas sehingga fungsi pankreas menjadi normal kembali.

    6. Mencegah Osteoporosis
    Disebabkan pengeroposan tulang, osteoporosis disebabkan oleh kekurangan kalsium pada tulang. Penyakit ini umumnya menyerang mereka yang sudah berusia senja atau kaum manula.
    Buah merah Papua adalah herbal yang kaya akan kalsium sehingga dapat mencegah dan mengobati osteoporosis. Dalam 100 gram buah merah segar terkandung 54.000 miligram kalsium.

    7. Mengobati Gangguan Mata
    Kandungan betakaroten yang tinggi dalam buah merah Papua mampu mengatasi banyak jenis penyakit mata yang disebabkan kekurangan vitamin A. Betakaroten diserap oleh tubuh dan diolah menjadi vitamin A.

    8. Meningkatkan Kecerdasan
    Kandungan omega 3 dan omega 6 dalam buah merah dapat merangsang daya kerja otak dan meningkatkan kecerdasan. Oleh karena itu buah merah cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan pelajar.

    Selain khasiat-khasiat yang telah disebutkan di atas, buah merah Papua dikabarkan dapat juga mengobati penyakit lambung, wasir, gangguan pada paru-paru dan sebagainya.

    Bahaya :
    Seperti halnya jamu dan obat-obatan modern, pemanfaatan sari Buah Merah untuk membantu proses penyembuhan penyakit juga mempunyai efek samping. Sampai saat ini, secara empiris efek samping yang ditimbulkan setelah mengonsumsi sari Buah Merah adalah lemas, mual, dan mengantuk. Rasa mengantuk ini disebabkan oleh efek sedatif atau penenang dari Buah Merah. Sari Buah Merah yang diproses menggunakan pemanasan tinggi bisa menyebabkan kolesterol pada penderita kelebihan kadar kolesterol meningkat. Hal ini disebabkan pemanasan yang tinggi membuat sari Buah Merah yang dihasilkan berupa minyak jenuh. Efek yang paling berbahaya adalah jika penderita terlalu banyak mengonsumsi sari Buah Merah. Tokoferol yang terkandung di dalam Buah Merah mempunyai efek mengencerkan darah.

    Sumber :
    HTTP://WWW.BUAHMERAHPAPUA.WEB.ID/P/KHASIAT-MANFAAT-BUAH-MERAH.HTML
    HTTPS://WWW.DEHERBA.COM/EFEK-SAMPING-MENGONSUMSI-BUAH-MERAH.HTML

  19. Zulfa+Ulin+Nuha says:

    Nama : Zulfa Ulin Nuha
    NIM : 145100300111004
    Kelas : L

    Undur undur
    Myrmeleon formicarius

    KLASIFIKASI
    Kingdom : Animalia
    Phylum : Arthropoda
    Class : Insecta
    Order : Neuroptera
    Family : Myrmeleontidae
    Genus : Myrmeleon
    Species : formicarius

    MANFAAT UNDUR UNDUR
    Hasil penelitian mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, yakni Dindin Hidayatul Mursyidin, Salahuddin Muhammad, Dian Pribadi Perkasa, Sekendriana, dan Prabowo, menunjukkan bahwa undur-undur laut mengandung lemak total 17,22-21,56 persen. Kandungan asam lemak omega-3 total (EPA dan DHA) juga cukup tinggi, berkisar 7,75-14,48 persen lebih tinggi dibandingkan dengan jenis crustacea lain seperti udang, lobster, dan beberapa jenis kepiting. Kandungan EPA (6,41-8,43 persen) lebih tinggi daripada DHA (1,34-6,57 persen). Penelitian kelima mahasiswa ini telah dipresentasikan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional di Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, undur-undur dapat dikonsumsi langsung.
    Undur undur berkhasiat menurunkan kadar gula penderita diabetes. Serangga ini mengandung zat sulfonylurea yang dapat melancarkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Insulin berfungsi menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah. Ketika insulin dalam tubuh manusia menurun sementara kadar glukosa darah meningkat, maka terjadi ketidakseimbangan. Di mana insulin sebagai penghasil energi tubuh terus berkurang. Akibatnya, tubuh mudah terserang penyakit.
    Manfaat Undur-undur bagi Kesehatan
    1. Undur-undur sebagai Obat Diabetes
    2. Undur-undur sebagai Obat Stroke
    3. Undur-undur sebagai Obat Darah Tinggi
    4. Undur-undur sebagai Obat Rematik
    5. Undur-undur sebagai Obat Asma dan Rasa Penat di Badan
    6. Undur-undur sebagai Obat Sakit Kuning (Hepatitis A)
    7. Undur-undur sebagai Obat Pegal Linu
    8. Undur-undur sebagai Obat Asam Urat
    9. Undur-undur dapat Menurunkan Kolesterol
    10. Undur-undur sebagai Obat Migrain
    11. Undur-undur sebagai Obat Tifus
    12. Undur-undur dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    13. Undur-undur dapat Mengobati Penyakit Malaria, dll.

    BAHAYA UNDUR UNDUR
    Pada umumnya mengkonsumsi undur undur memiliki banyak manfaat namun diperlukan penelitian lebih lanjut tentang kandungan gizi yang lain, seperti mineral atau protein. Juga mengenai senyawa yang merugikan seperti logam berat dan racun, agar tidak menimbulkan efek samping pada tubuh kita

    Sumber:
    https://adearisandi.wordpress.com/2011/04/13/siklus-hidup-undur-undur/
    http://irfanistik.blogspot.com/2012/02/khasiat-undur-undur-bisa-mengobati.html
    http://iinmutmainna.blogspot.com/2013/04/pemanfaatan-undur-undur-sebagai.html

  20. Besari Ahmad Wiyono says:

    Nama : Besari Ahmad Wiyono
    NIM : 145100300111082
    Kelas : L

    Klasifikasi kopi
    Kingdom : Plantae
    Subkingdom : Tracheobionta
    Super Divisi : Spermatophyta
    Divisi : Magnoliophyta
    Kelas : Magnoliopsida
    Sub Kelas : Asteridae
    Ordo : Rubiales
    Famili : Rubiaceae
    Genus : Coffea
    Spesies : Coffea arabica L.

    Manfaat kopi yaitu terletak pada kafein yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit. Dalam dunia kedokteran kafein pada kopi digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Mekanisme kerja kafein dalam tubuh menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tidur). Di mana kafein itu tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh melainkan kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.
    Sedangkan kerugian kopi yaitu menyebabkan efek ketergantungan. Minum kopi ternyata dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah. Kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah. Pada wanita hamil juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kafein. Hal ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin. Dampak terburuknya, bisa menyebabkan keguguran.

    Sumber:
    http://www.plantamor.com/index.php?plant=368
    https://mey20.wordpress.com/kesehatan/bahaya-dan-manfaat-kopi-bagi-kesehatan/

  21. Jessica Fradana says:

    Nama : Jessica Evritanola Fradana
    NIM : 145100301111103
    Kelas : L

    Tanaman Kemangi
    Holy Basil

    Klasifikasi
    Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
    Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
    Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
    Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
    Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
    Sub Kelas: Asteridae
    Ordo: Lamiales
    Famili: Lamiaceae
    Genus: Ocimum
    Spesies: Ocimum sanctum L.
    http://www.plantamor.com/index.php?plant=914
    Manfaat :
    1. Meningkatkan fungsi mata.
    Kandungan Betakaroten yang terkandung dalam daun kemangi, berfungsi untuk meningkatkan fungsi penglihatan dan meningkat respon anti body atau daya tahan tubuh.
    2. Menghasilkan kolagen.
    daun kemangi yang memiliki vitamin C atau asam askorbat ini, memiliki fungsi untuk pembentukan kolagen yang membantu proses penyembuhan luka dan memelihara elastisitas kulit. selain itu vitamin C berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dan zat besi dan menghasilkan antioksidan.
    3. Membantu pertumbuhan tulang.
    Fosfor merupakan zat yang terkandung dalam kemangi yang berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan tulang, membantu penyerapan nutri, dan mengatur keseimbangan asam dan basa.
    4. Mencegah pertumbuhan mikroba.
    Kandungan minyak atsiri yang terkandung dalam daun kemangi berguna untuk mencegah pertumbuhan mikroba penyebab penyakit seperti Salmonella enteritidis. penyakit ini disebarkan melalui makanan, pada umumnya Salmonella menyebabkan penyakit pada organ pencernaan.
    5. Membunuh jamur penyebab keputihan.
    Kandungan senyawa eugenol berfungsi untuk membunuh jamur penyebab keputihan. Dan kandungan Stigmaterol dapat merangsang ovulasi atau pembentukan sel telur pada wanita. Dan kandungan flavonoid juga berfungsi untuk melindungi struktur sel tubuh serta menjadikan antibiotik alami dan anti radang.
    http://www.sitkes.com/khasiat-daun-kemangi.html

    Bahaya :

    Selain manfaat, kemangi, dalam kondisi tertentu, juga memiliki efek samping yang mungkin tidak Anda sadari. Efek samping tersebut antara lain.
    1. Efek samping eugenol
    Eugenol adalah kandungan utama yang terdapat dalam kemangi. Eugenol ini dapat menyebabkan nafas pendek, darah di air seni, tenggorokan dan lidah yang terasa terbakar, jantung berdebar, dan mual. Eugenol ini sama dengan yang ada di dalam cengkeh.
    2. Penipisan sel darah
    Sangat tidak dianjurkan mengonsumsi kemangi bersamaan dengan obat anti penggumpalan darah. Pendarahan bisa terjadi apabila keduanya dikonsumsi bersamaan.
    3. Menurunkan kesuburan
    Wanita yang hamil, merencanakan hamil, dan juga menyusui tidak dibolehkan mengonsumsi kemangi karena kemangi dapat menimbulkan penurunan kesuburan. Meskipun tes ini ditemukan dari pemberian kemangi terhadap hewan, tapi ada baiknya untuk berjaga-jaga.
    4. Hipoglisemia
    Livestrong.com menjelaskan, kemangi sebenarnya dapat menurunkan gula darah. Tapi ini tidak cocok untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes. Menggigil, pusing, hingga pingsan dapat terjadi saat keduanya bertemu.
    Kemangi juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat yang bersifat acetaminofen karena kemangi bersifat anti peradangan.
    http://www.vemale.com/kesehatan/41759-efek-samping-yang-dapat-timbul-karena-kemangi.html

  22. Faris Ilham Akbar says:

    Nama : Faris ilham Akbar
    NIM : 145100301111132
    Kelas: L

    BIOLOGI LANDAK ( Hystrix brachiura)
    1. Klasifikasi :

    Kingdom : Animalia

    Filum : Chordata

    Subfilum : Vertebrata

    Superkelas : Tetrapoda

    Kelas : Mammalia

    Subkelas : Theria

    Infrakelas : Placentalia

    Ordo : Rodentia

    Subordo : Hystricomorpha

    Infraordo : Phiomorpha

    Familia : Hystricidae

    Genus : Hystrix

    Spesies :Hystrix brachyura

    2. Nama asli : Hystrix brachyura Linnaeus, 1758

    3. Sinonim : Hystrix longicaudata Marsden, 1811; Hystrix muelleri Marshall, 1871;

    Acanthion sumatrense Ludeking, 1862.

    4. Nama lokal : Landak, landak raya (Melayu), babi lanta, babi landak, anduriyan, lanta pakul, urmi (Sumatera), butun (Tidung), ketau mlong (Melap), mulu (Punan), Setung, setung buang (Kenyah), setui (Tanjung), tong (Madang), totung (punan).

    5. Distribusi : Kamboja, Cina, India, Indonesia (Sumatera dan Kalimantan), Republik Demokratik Rakyat Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Singapura, Thailand, Vietnam.

    6. Cara Hidup : Terestrial, nocturnal, soliter, berpasangan atau dalam kelompok dalam suatu keluarga. Hewan ini di siang hari bersembunyi di dalam lubang, jika malam hari keluar dari lubang mencari pakan. Hewan ini seperti tikus suka mengendus-endus, hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan sumber pakan atau mengantisipasi jika ada bahaya. Apabila dalam keadaan terdesak hewan ini akan menggunakan rambutnya yang keras, kaku dan runcing sebagai perlindungan diri. Landak biasanya akan menggunakan lubang dalam tanah sebagai sarang. Landak juga akan menggunakan rongga kayu, batu, dan sebagainya sebagai sarang mereka.

    7. Ciri-ciri morfologi :

    Ciri khas hewan ini yang tidak dimiliki mamalia lain terletak pada rambut keras yang melingkupi bagian atas badan. Duri landak ini merupakan salah satu alat pertahanan diri. Pada kondisi landak diserang atau terasa terancam, landak akan melarikan diri dengan cepat masuk dalam sarang mereka yang biasanya terletak di bawah tanah. Seekor landak mampu memecut dengan laju untuk melarikan diri dari pemangsa. Namun, apabila tidak sempat melarikan diri, mereka akan mengembangkan rambut kerasnya sehingga seluruh tubuh mereka kelihatan penuh duri tajam. Para predator yang biasanya mamalia besar akan takut dengan kondisi tersebut.

    Ujung dari kepala dan muka ramping, warna kecokelatan, duri warna putih di bagian leher dan punggung depan pendek dengan bagian pangkal hitam lotong, tubuh bagian depan ramping dan kehitaman. Panjang badan 590-630 mm, ekor 95-130 mm, telapak kaki 80-95mm dan bobot 8000gr. Tubuhnya berbentuk agak bulat dan bergerak perlahan-lahan. Meskipun demikian, mereka memunyai tubuh yang tegap, berkepala kecil, telinga kecil, kaki yang pendek, dan ekor yang pendek dan tebal. Kaki depan landak memunyai empat jari, sementara kaki belakang lima jari. Setiap jari memunyai cakar yang panjang yang dapat digunakan untuk mengupas kulit kayu atau memanjat.

    Landak mempunyai gigi yang kuat untuk membantu mereka makan tumbuhan keras seperti kulit kayu. Seperti pada rodent lain, Landak mempunyai empat incicivus yang selalu tumbuh. Landak juga memerlukan kalsium yang banyak untuk menghasilkan duri baru, menggantikan duri yang rontok. Setiap landak memiliki sekitar 30.000 duri.

    8. Pola Reproduksi :

    Landak mampu bereproduksi hingga dua kali setahun. Landak betina mengalami masa bunting 16 minggu atau hampir 100 hari. Anak yang dilahirkan berjumlah 2-3 ekor. Tubuh anak sangat lemah sampai umur 10 hari dan anak-anak ini diasuh oleh induknya selama 3 bulan. Landak liar diperkirakan dapat hidup 12-15 tahun, sementara landak yang dipelihara di kebun binatang tercatat dapat hidup hingga 27,33 tahun.

    9. Nilai Ekonomis : Daging dikonsumsi, duri sebagai hiasan dan obat.

    10. Status Konservasi :

    Peraturan Indonesia : SK Mentan No. 247/Kpts/Um/4/1979.
    Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999

    Status internasional : IUCN : VU A1d ver 2.3 (1994).

    11.. Kemiripan jenis : Hystrix javanica, H. crassispinis, H. sumatrae, ujung kepala dan muka tidak ramping, ukuran lebih kecil.

    DAFTAR PUSTAKA

    Anonim. 2008. Panduan Satwa. KRKB Gembira Loka. Percetakan Rejeki.

    Yogyakarta.

    Anonimous. 2008. IUCN Redlist : Hystrix brachyura. http://www.iucnredlist.org/

    Diakses : 25 April 2009.

    Maryanto, I. Anang, S. A. dan Agus, P.K. 2008. Mamalia dilindungi Perundang

    Undangan Indonesia. LIPI Press, anggota ICAPI. Bogor, hal. 87-88.

    Khasiat daging landak

    Tubuh landak sekilas memang menyeramkan. Tubuhnya dipenuhi duri sebagai pertahanan dirinya. Tetapi setelah seluruh duri dicabuti dan dimasak, daging landak ternyata sangat nikmat. Dagingnya berserat halus, empuk, dan tidak bau amis. Menu olahan landak biasa dinikmati di kawasan berudara dingin karena dapat menimbulkan sensasi kehangatan.
    Adakah khasiat dari daging landak? Ternyata hampir seluruh bagian tubuh landak memiliki khasiat bila dimakan. Hati landak jika dibakar berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit asma dan diabetes. Kulitnya dapat dibuat menjadi asem-asem. Sedangkan daging dan ekornya baik untuk meningkatkan vitalitas pria.
    Poin yang paling mengejutkan adalah daging landak berkolesterol nol alias bebas kolesterol. Daging landak juga memiliki kandungan penguat stamina dan kitotefin yang berguna bagi penderita asma, di samping itu juga memiliki gen yang dapat mempercepat penyembuhan luka.
    Tak hanya dagingnya, ternyata duri landak juga berkhasiat. Umumnya duri landak per batang dihargai Rp 5000. Duri landak dipercaya berkhasiat untuk obat sakit gigi, yaitu dengan cara dibakar lalu abunya dioleskan ke bagian gigi yang sakit. Abu duri landak dipercaya juga dapat mengobati masuk angin dengan cara dioleskan pada bagian perut yang terasa kembung.

    Sumber: Buku Ensiklopedi Binatang Penyembuh oleh Astri D Hadi

    Khasiat duri landak

    Khasiat Duri Landak Bagi Kesehatan
    Halo!
    Sobat Apasih.com :)

    Landak. Binatang yang kulitnya ditumbuhi bulu berupa duri tajam ini banyak ditemukan di hutan belantara.

    Duri tajam tersebut berfungsi sebagai pelindung diri saat terancam bahaya oleh binatang lain, juga alat memerangkap semut-semut yang ada di sekitar untuk dimakan.

    Melihat landak, tentunya Anda enggan memegang binatang tersebut. Jangankan memegang, mendekati saja takut karena khawatir tertusuk duri tajam. Sebab jika binatang itu merasa terganggu, semua duri-duri berdiri tegak.

    Dibalik duri tajam landak, ternyata menurut kepercayaan sebagian orang memiliki khasiat, khususnya untuk pengobatan.

    Sejak zaman dulu, nenek moyang kita sudah membuktikan khasiat bulu landak itu untuk pengobatan.

    Bagi masyarakat tradisional di Kalimantan, bulu landak banyak dipercaya untuk menolak bala, penghalau gangguan gaib atau melemahkan ilmu hitam yang berasal dari luar.

    Caranya, duri landak tersebut ditempelkan ke bagian tubuh orang yang kesurupan, di antaranya telapak tangan atau kaki, maka makhluk halus segera keluar dari tubuh orang yang dirasuki.

    “Duri landak juga dipercaya bisa mengobati masuk angin atau menyamak. Caranya duri landak dibakar hingga menjadi abu. Kemudian dioleskan pada perut atau bagian yang sakit,” terang H Nurdin, pemilik Toko Udin Borneo di Pertokoan Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Kabupaten Banjar.

    Duri landak ini cukup banyak dijual di Toko Udin Borneo. Duri-duri tersebut dijual per ikat seharga lima ribu rupiah sampai Rp 20 ribu, tergantung ukuran yaitu panjang dan pendek atau besar dan kecil. Duri seukuran tusuk gigi ini panjangnya bervariasi, antara lima sentimeter sampai sepuluh sentimeter.

    Dijelaskan H Nurdin, duri landak ini berasal dari landak mati yang ditemukan di hutan. Jadi bukan landak hidup yang sengaja dibunuh untuk diambil durinya.

    Sebab itu pasokan duri landak ini juga tidak menentu, tergantung hasil yang dikumpulkan para pemasok yang umumnya dari wilayah perdesaan, antara lain pegunungan Meratus.

  23. Bayu Anggito Nugroho says:

    Nama: Bayu Anggito Nugroho
    NIM: 145100307111003
    Kelas: L

    Cacing tanah jenis Lumbricus rubellus
    Kingdom: Animalia
    Phylum: Annelida
    Class: Clitellata
    Order: Haplotaxida
    Family: Lumbricidae
    Genus: Lumbricus
    Species: Lumbricus rubellus

    Budidaya cacing tanah adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk membuat lingkungan menjadi lebih baik. Manfaat cacing tanah :

    1. Cacing tanah dapat membantu mengolah sampah dapur menjadi kompos yang baik untuk tumbuhan. Cacing tanah mampu mengubah bahan organik yang dimakan menjadi kotoran (castings) dan urine (worm tea). Kandungan urea dalam urine cacing adalah pupuk alami yang baik. Terlebih kotoran cacing mengandung nitrogen, fosfor, magnesium, potasium, dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan tanaman.
    2. Tubuh cacing tanah yang terdiri atas 70% protein adalah sumber makanan bergizi tinggi bagi hewan ternak dan peliharaan seperti ayam, bebek, ikan, sidat, dan burung.
    3. Kegiatan menggali yang dilakukan cacing tanah mampu menciptakan sistem drainase alami, meningkatkan jumlah udara dan air dalam tanah sehingga tanah menjadi lebih gembur dan baik untuk ditanami semua jenis tanaman.

    Khusus untuk cacing Lumbricus rubellus memiliki manfaat khusus yaitu untuk mengobati penyakit tipes, berikut keterangannya :
    Penyakit tipes (typhus) merupakan salah satu penyakit menular yang penularannya melalui makanan yang mengandung Bakteri Salmonella diantaranya yang dikenal adalah Penyebab penyakit ini adalah Salmonella typhi, Salmonella para typhii A, dan Salmonella paratyphii B. Basil gram negatif, bergerak dengan rambut getar, tidak berspora, mempunyai 3 macam antigen yaitu antigen O, antigen H, dan antigen VI. Dalam serum penderita terdapat zat (aglutinin) terhadap ketiga macam antigen tersebut. terutama menyerang bagian saluran pencernaan. Kuman tumbuh pada suasan aerob dan fakultatif anaerob pada suhu 15 – 41°C (optimum 37°C) dan pH pertumbuhan 6 – 8. Telah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui efek farmakologi cacing tanah terhadap penyakit tifus. Dalam kasus penyakit tifus, ekstrak cacing tanah bisa bekerja dari dua sisi, yaitu membunuh bakteri penyebabnya sekaligus menurunkan demamnya.

    Dari berbagai sumber para ahli dan pakar cacing mengatakan bahwa banyak sekali manfaat dan khasiat dari cacing tanah ini . Diantaranya untuk :

    Sembuhkan Typus
    Menurunkan kadar kolesterol
    Meningkatkan daya tahan tubuh
    Menurunkan tekanan darah tinggi
    Meningkatkan nafsu makan
    Mengobati infeksi saluran pencernaan seperti typus, disentri, diare, serta gangguan perut lainnya seperti maag
    Mengobati penyakit infeksi saluran pernapasan seperti: batuk, asma, influenza, bronchitis dan TBC
    Mengurangi pegal-pegal akibat keletihan maupun akibat reumatik
    Menurunkan kadar gula darah penderita diabetes
    Mengobati wasir, exim, alergi, luka dan sakit gigi.

    Sumber pustaka :
    http://mustakim.staff.ub.ac.id/2014/01/07/cacing-tanah-obat-kuno-untuk-tifus/
    https://adearisandi.wordpress.com/2012/06/21/cacing-tanah/
    http://www.budidarma.com/2011/05/khasiat-cacing-lumbricus-rubellus.html

  24. Andreas Budiyanto Suranta Tarigan says:

    NAMA : ANDREAS BUDIYANTO SURANTA TARIGAN
    NIM : 145100307111002
    KELAS : L

    Komoditi : Ubi Jalar Ungu

    Klasifikasi
    Kingdom: Plantae
    Subkingdom: Tracheobionta
    Super Divisi: Spermatophyta
    Divisi: Magnoliophyta
    Kelas: Magnoliopsida
    Sub Kelas: Asteridae
    Ordo: Solanales
    Famili: Convolvulaceae (suku kangkung-kangkungan)
    Genus: Ipomoea
    Spesies: Ipomoea batatas Poir

    Ubi jalar ungu mengandung zat yang disebut antosianin. Total kandungan antosianin pada ubi jalar ungu adalah 519 mg/100 g berat basah. Antosianin ini memiliki fungsi fisiologis sebagai antioksidan, antikanker, anti bakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke.

    Mnafaat ubi jalar ungu
    1. Sumber antioksidan
    Senyawa antosianin pada ubi jalar ungu berkhasiat untuk antioksidan. Selanjutnya antioksidan itu akan menetralisir pengaruh buruk dari polusi udara, mencegah oksidasi di dalam tubuh, dan juga mencegah timbulnya penggumpalan darah.

    2. Menangkal kanker
    Warna ungu pada ubi jalar merupakan pemasok senyawa karotinoid yakni betakaroten dan vitamin A. Senyawa tersebut akan memberikan perlindungan terhadap paru-paru dan menghindarkan munculnya kanker paru maupun kanker mulut.

    3. Pengendali konsentrasi gula dalam darah
    Angka indeks Glikemik-nya yang rendah menjadikan konsentrasi gula darah seseorang tidak akan meningkat drastis. Hidangan yang satu ini mampu mengendalikan gula darah lewat sekresi dan kerja insulin.

    4. Makanan anti penuaan dini
    Kadar karotenoid-nya yang tinggi dalaam ubi jalar akan memperkuat imunitas tubuh, termasuk menagkal radikal bebas sehingga kulit menjadi lebih sehat dan pantang penuaan dini. Kandungan betakaroten-nya berfungsi menjadi antioksidan yang bisa memfasilitasi vitamin A berfungsi penuh dan melepaskan sel kulit mati dan memproduksi sel kulit baru yang sehat.

    5. Menjaga kekenyalan kulit
    Besarnya kadar vitamin C di dalamnya akan memproduksi kolagen untuk memelihara kekenyalan kulit.

    6. Menghindarkan terjadinya serangan jantung
    Kandungan pyridoxine dariubi jalar ungu mampu menurunkan homosistein kimia, yang dapat mencegah serangan jantung. Senyawa kalium yang ditemukan dalam bahan pangan ini juga mempunyai peran yang sama.

    Sumber :
    http://klasifikasitanaman.blogspot.com/2014/08/klasifikasi-ubi-jalar-ungu.html
    http://7manfaat.blogspot.com/2015/01/6-manfaat-ubi-jalar-ungu.html

  25. Maulana Akbar says:

    Nama : Maulana Akbar
    NIM : 145100300111023
    Kelas : L

    PAKU KAWAT
    Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
    Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
    Divisi : Pteridophyta (paku-pakuan)
    Kelas : Pteridopsida
    Sub Kelas : Schizaeatae
    Ordo : Schizaeales
    Famili : Lygodiaceae
    Genus : Lygodium
    Spesies : Lygodium scandens (L.) Sw

    Lycopsida (paku kawat/paku rambut) disebut juga dengan club moss (lumut ganda) atau ground pine (pinus tanah), namun yang sebernanya bukan merupakan lumut atau pinus. Lycopsida diperkirakan sudah ada pada masa Devonian, dan tumbuh melimpah pada masa karboniferus. Lycopsida pada masa tersebut telah menjadi fosil atau endapan batubara. Pada masa karboniferus lycopsida memiliki ukuran yang besar sekitar 3 m yang hidup dirawa-rawa selama jutaan tahun, namun punah ketika rawa-rawa mengering. Adapun lycopsida yang masih bertahan pada saat ini, namun memiliki ukuran kecil yang banyak tumbuh di daerah tropis, tanah, epifit di kulit pohon, tetapi tidak bersifat parasit.

    Struktur dan Rekroduksi Paku Kawat (Lycopsida)
    Bagian tubuh Lycopsida yang paling mudah kita lihat adalah generasi sporofit (2n) yang tersusun atas sel-sel yang memiliki kandungan klorofil dan memiliki daun yang seperti rambut atau sisik yang tersusun rapat pada batangnya. Batangnya memiliki bentuk seperti kawat, pada bagian ujung batang yang bercabang-cabang dan terdapat sporofil dengan struktur berbentuk gada (strobilus) yang mengandung sporangium. Sporangium yang menghasilkan spora. Lycopsida ada yang menghasilkan satu jenis spora (homospora) seperti Lycopodium sp. dan ada juga yang menghasilkan dua jenis spora (heterospora) seperti Selaginella sp. Gametofit (n) memiliki ukuran tubuh yang kecil dan tidak berkrolofil sehingga zat organik diperoleh dari cara bersimbiosis dengan jamur. Gameofit ada yang menghasilkan dua jenis alat kelamin (biseksual), seperti Lycopodium sp. dan ada juga yang menghasilkan satu jenis alat kelamin (uniseksual) seperti Selaginella sp.

    Manfaat Paku Kawat
    Tumbuhan paku kawat atau paku rambat ini sangat besar manfaatnya, misalnya sebagai bahan untuk membuat pil, lampu kilat pemotretan, sebagai bahan obat-obatan dan untuk pembuatan karangan bunga.

    Sumber :
    http://www.artikelsiana.com/2015/02/ciri-ciri-klasifikasi-tumbuhan-paku-pteridphyta.html#_
    http://www.plantamor.com/index.php?plant=802
    http://manfaat-pengetahuan.blogspot.com/2012/12/jenis-jenis-tumbuhan-paku.html
    http://brainly.co.id/tugas/1832994

  26. faudina+nurin+nisa' says:

    2WSH*Nama : FAUDINA NURIN NISA’
    NIM :145100300111034
    Kelas : Biologi kelas L

    1. KLASIFIKASI

    Kingdom : Plantae
    Subkingdom : Tracheobionta
    Super Divisi : Spermatophyta
    Divisi : Magnoliophyta
    Kelas : Magnoliopsida
    Sub Kelas : Rosidae
    Ordo : Fabales
    Famili : Fabaceae
    Genus :Mimosa
    Spesies : Mimosa pudica

    2. DESKRIPSI
    a) Habitus : perdu pendek anggota suku polong-polongan yang mudah dikenal karena daun-daunnya yang dapat secara cepat menutup
    b) Habitat : di tanaman putri malu biasanya tumbuh diatas tanah yang lapang baik itu diladang, diperkebunan, dipekarangan ruah dan tempat yang lainnya.
    c) Batang : batang dengan rambut sekitar yang mengarah miring kebawah dan duri tempel bengkok yang tersebar
    d) Daun : Daun penumpu bentuk lanset, panjang 1cm. Daun pada sentuhan melipatkan diri, menyirip rangkap. Sirip 5-26 pasang. Kerap kali warna tepi ungu , berumbai, 6-16 kali 1-3mm. bongkol memanjang panjang 1 cm, 2,4 menjadi satu
    e) Bunga : Bunganya bulat seperti bola, warna merah muda, bertangkai. tidak mempunya mahkota atau kelopak bunga yang besar seperti bunga-bunga yang lain. Akan tetapi kelopak bunga putrid malu bentuknya sangat kecil dan bergigi empat seperti selaput putih. Tabung mahkotanya juga berukuran sangat kecil, bertaju empat seperti selaput putih.
    f) Buah : Buah putri malu berbetuk polong, pipih seperti garis dan berukuran sangat kecil jika dibandingkan dengan buah-buah tumbuhan lainnya.
    g) Biji : Sama halnya seperti buah, tanaman putri malu juga memiliki biji, yang berukuran kecil dan bulat,berbentuk pipih . putri malu termasuk kedalam tumbuhan yang berbiji tertutup (Angiospermae) dan berkembangbiak dengan biji.
    h) Akar : Mempunyai akar pena yang sangat kuat berbeda dengan akar-akar tanaman-tanaman lainnya, jika kita cabut langsung terangkat seluruh akar-akarnya. Akan tetapi lain halnya dengan akar tanaman putri malu, untuk mencabuti nya kita memerlukan suatu alat-alat yang khusus agar semua akar-akarnya teracabut.

    3. MANFAAT
    - Susah Tidur (Insomnia).
    - Bronchitis Kronik
    - Hepatitis
    - Batuk berdahak
    - Rematik
    - Radang mata akut
    - Kencing batu
    - Panas tinggi pada anak-anak dan
    - Herpes

    4. KANDUNGAN:
    - Tamin
    - Mimosin dan
    - Asam pipekolinat

    Sumber:
    Steenis, CGGJ Van. 2005. Flora Untuk Sekolah di Indonesia. Jakarta: PT Pradnya Paramita

  27. ahyan says:

    klasifikasi nya mantap brooo

  28. NAMA : Bangbang ngida sirait
    NIM : 145100307111002
    KELAS : L

    Komoditi : singkong

    Klasifikasi
    Kingdom: Plantae
    Subkingdom: Tracheobionta
    Super Divisi: Spermatophyta
    Divisi: Magnoliophyta
    Kelas: Magnoliopsida
    Sub Kelas: Asteridae
    Ordo: Solanales
    Famili: Convolvulaceae (suku kangkung-kangkungan)
    Genus: Ipomoea
    Spesies: Ipomoea batatas Poir

    2. DESKRIPSI
    Perdu, bisa mencapai 7 meter tinggi, dengan cabang agak jarang. Akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat dimakan. Ukuran umbi rata-rata bergaris tengah 2–3 cm dan panjang 50–80 cm, tergantung dari klon/kultivar. Bagian dalam umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat meracun bagi manusia.

    Umbi ketela pohon merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionina.

    3. MANFAAT

    - Singkong mengandung hampir dua kali lipat kalori daripada manfaat kentang, mungkin salah satu yang tertinggi untuk setiap umbi yang kaya pati. 100 gram singkong menyediakan 160 kalori. Kalori terutama berasal dari sukrosa, membentuk sebagian besar dalam umbi ini terhitung lebih dari 69% dari total gula. Gula kompleks amilosa lain adalah sumber karbohidrat utama (16-17%).
    - Singkong sangat rendah lemak dibandingkan dengan sereal atau kacang-kacangan. Meskipun demikian, ia memiliki lebih banyak protein daripada sumber makanan tropis lainnya seperti pada manfaat ubi, kentang dan pisang.
    - Seperti dalam akar dan umbi-umbian lainnya, singkong juga bebas dari gluten. Makanan yang bebas pati, banyak digunakan dalam persiapan makanan khusus untuk pasien penyakit celiac.
    - Selain singkong, daun muda yang lembut merupakan sumber protein dan vitamin K. Vitamin K-memiliki peran potensial dalam membangun massa tulang dengan mempromosikan aktivitas osteotrophic dalam tulang. Hal ini juga telah membentuk peran dalam pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.
    - Singkong merupakan sumber moderat dari beberapa kelompok vitamin B-kompleks yang berharga. Seperti folat, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan asam pantotenat.
    - Singkong adalah salah satu sumber utama dari beberapa mineral penting seperti seng, magnesium, tembaga, besi, dan mangan. Selain itu, singkong juga memiliki jumlah kalium yang cukup (271 mg per 100g atau 6% dari RDA). Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah.

    Sumber:
    ahli pertanian india – http://drdeepakagrawal.com
    http://okdogi.com/2015/07/menu-makanan-hamster/

  29. Johan says:

    Inget pelajaran Biologi di SMP

  30. Terimakasih banyak infonya

  31. Terimakasih banyak infonya ya, informasi yang ada di blog ini sangat bermanfaat

  32. Dani says:

    Thanks, spesifikasi dan genus bisa saya pelajari lebih lanjut.

    Sumber:
    Tips Dani

  33. eropa says:

    bawang putih memang bermanfaat bagus tuh

  34. sholat+dhuha says:

    informasinya sangat bermanfaat.. makasih sudah berbagi

  35. manfaat susu says:

    Seledri adalah makanan yang sangat sering dijumpai pada masakan seperti sup, bakso dan soto. Sayuran ini sangat terkenal di seluruh dunia dan telah di dibudidayakan di banyak negara Amerika Utara sebagai salad. Seledri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung tinggi nutrisi. Seledri mengandung 95% air, diperkaya serat, dan memiliki sifat anti-bakteri. Seledri mengandung nutrisi penting lainnya termasuk protein, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B1 dan C. Berikut beberapa Manfaat seledri bagi tubuh kita:

    manfaat:

    Kurangi perlemakan hati
    Antikanker
    anibakteri
    meningkatkan kesehatan otak
    menjaga kesehatan ginajl
    meringankan hipertensi

    http://www.manfaatcaramengatasi.com/2015/10/manfaat-seledri-yang-mengagumkan.html

  36. manfaat says:

    Makanan tinggi serat
    1. Buah pepaya
    2. Pisang
    3. Buah apel
    4. Buah pir
    Sumber: http://www.manfaatcaramengatasi.com/2015/11/makanan-yang-mengandung-serat-tinggi.html

  37. teka teki says:

    Mantap banget pak.. hehehe..

    Semakin bagus aja nih websitenya.

  38. Muhammad Hassan says:

    Bagaimana cara menanam kemangi di dalam pot? Ini jawabannya http://arafuru.com/lifestyle/cara-praktis-menanam-kemangi-dalam-pot.html

  39. Adelia F says:

    Nama : Adelia F
    NIM : 145100300111069
    Kelas : P

    Kandungan Gizi Sehat Pada Buah Pisang

    Rincian gizi pada buah pisang berukuran sedang (kira-kira 126 gr) dianggap satu porsi. Satu porsi buah pisang mengandung kalori sebanyak 110 kalori, karbohidrat 30 gram dan protein 1 gram . Yang lebih luar biasa, buah pisang menyimpan berbagai vitamin dan mineral yang sangat kaya, beberapa kandungan yang ada dalam buah pisang adalah sebagai berikut:

    Vitamin B6 – 0,5 mg
    Vitamin A – 81 IU
    Vitamin C – 9 mg
    Serat – 3g
    Protein – 1 g
    Kalium – 450 mg
    Magnesium – 34 mg
    Folat – 25.0 mcg
    Riboflavin – 0,1 mg
    Niacin – 0,8 mg
    Besi – 0,3 mg
    Mangan – 0,3 mg

    Manfaat Sehat Mengonsumsi Buah Pisang Setiap Hari

    Apa saja manfaat memakan buah pisang untuk kesehatan? Jika melihat dari kandungan yang ada dalam buah pisang diatas, tentu saja buah ini memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat sehat buah pisang seperti yang kami kutip dari laman http://www.masibas.my.id

    1. Mengatasi Asma

    Para ahli gizi menyebutkan bahwa, jika ada anak yang rutin mengonsumsi buah pisang per harinya minimal satu buah, maka ia akan memiliki tingkat risiko terkena asma lebih rendah dibanding anak yang jkarang makan pisang.

    2. Mengurangi Tekanan darah tinggi

    Mengonsumsi buah pisang secara rutin ternyata sangat efektif guna mengurangi tekanan darah dalam tubuh,kandungan potasium dalam pisang dapat memberikan efek melebarkan sel pembuluh darah. Sehingga tekanan darah akan lebih lancar dan terkontrol.

    3. Mengatasi Masalah Diabetes

    Buah pisang juga berkhasiat mengatasi masalah penyakit diabetes, ini karena serat dalam pisang mampu memenuhi semua kebutuhan serat penderita diabetes. Tercatat, dalam 1 buah pisang saja terdapat 3 gram serat.

    4. Penyakit Kanker

    Yang lebih mengejutkan, ternyata buah pisang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi resiko terserang penyakit kanker. Kandungan vitamin-C dalam pisang mampu menangkal masuknya radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh.

    5. Penyakit Jantung

    Selain keempat diatas, buah pisang juga berkhasiat untuk menjaga agar jantung tetap sehat. vitamin C, potasium, Kandungan serat, dan vitamin B6 yang ada dalam buah pisang memiliki fungsi maksimal mnjaga kesehatan jantung, stroke dan juga batu ginjal.

    Sumber :

  40. obat maag says:

    Terima kasih untuk berbagi informasi, saya sangat senang dengan isi artikel Anda sangat berguna dan saya menunggu artikel berikutnya untuk memperbarui informasi lagi. http://obatmaag.bestagaric.com

  41. bangkudepan says:

    TERIMA KASIH SANGAT BERMANFAAT

  42. ika listyani says:

    MAKALAH KACANG-KACANGAN DAN BIJI-BIJIAN

    04
    DEC
    KACANG-KACANGAN DAN BIJI-BIJIAN

    Disusun Oleh :

    Almira Susilowati

    Dina Setianingsih

    Heni Nolarita

    Kevinti Febrina

    POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA II

    JURUSAN GIZI

    DAFTAR ISI

    KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………………………………2

    BAB I………………………………………………………………………………………………………………………3

    PENDAHULUAN………………………………………………………………………………………………………3

    A. LATAR BELAKANG……………………………………………………………………………………….3
    B. RUMUSAN MASALAH……………………………………………………………………………………4
    C. TUJUAN PENULISAN…………………………………………………………………………………….4
    BAB II……………………………………………………………………………………………………………………..5

    PEMBAHASAN………………………………………………………………………………………………………..5

    A. Kacang-kacangan………………………………………………………………………………………….5
    Dasar Pengetahuan…………………………………………………………………………………..5
    Jenis Kacang dan Manfaatnya…………………………………………………………………….6
    Perubahan Pasca Panen………………………………………………………………………….10
    Perubahan Komposisi Kimia……………………………………………………………………..10
    Penanganan Pasca Panen………………………………………………………………………..11
    Klasifikasi dan Syarat Mutu……………………………………………………………………….13
    B. BIJI-BIJIAN………………………………………………………………………………………………….13
    Dasar Pengetahuan………………………………………………………………………………….13
    Jenis Kacang-kacangan dan Manfaatnya……………………………………………………14
    Perubahan Pasca Panen………………………………………………………………………….16
    Perubahan Setelah Panen………………………………………………………………………..17
    Klasifikasi dan Syarat Mutu……………………………………………………………………….18
    C. CARA MENENTUKAN MUTU BAHAN PANGAN KACANG-KACANGAN DAN BIJI-BIJIAN………………………………………………………………………………………………………..18
    BAB III…………………………………………………………………………………………………………………..19

    PENUTUP………………………………………………………………………………………………………………19

    KESIMPULAN………………………………………………………………………………………………………..19

    DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………………………………..20

    KATA PENGANTAR

    Segala puji kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini.

    Makalah ini memuat tentang “Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian” yang sangat penting bagi kesehatan seseorang. Oleh karena itu makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang apa itu Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian, perubahan pasca panen, karakteristik fisik dan kimia, ciri mutu yang baik, serta cara menentukan mutu bahan pangan yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber.

    Penyusun juga mengucapkan terima kasih dosen kami yang telah membimbing dalam pembuatan makalah ini sehingga makalah ini terselesaikan dengan baik dan benar.

    Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Seperti sebuah pepatah yang mengatakan “tak ada gading yang tak retak”. Begitu juga dalam pembuatan makalah ini. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan, penyusun mohon untuk saran dan kritiknya.

    Penyusun

    Kelompok

    BAB I

    PENDAHULUAN

    A. LATAR BELAKANG
    Indonesia adalah negara agraris. Berbagai macam tanaman bisa tumbuh subur ditanah Indonesia. Seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Setiap daerah mempunyai bahan makanan pokok masing-masing, sehingga banyak bermunculan tanaman kacang-kacangan dan biji-bijian di tanah Indonesia. Kacang-kacangan memiliki banyak nutrisi seperti protein tinggi dan berbagai jenis vitamin. Namun pemanfaatan kacang-kacangan belum maksimal. Masyarakat Indonesia masih mengolah kacang-kacangan sebagi sayuran. Padahal manfaat kacang sangat besar bagi kesehatan manusia. Biji-bijian pun menyediakan sumber energi utama bagi manusia dan hewan.

    Bahasan kali ini mengupas sedikit tentang sifat dan karakter dari jenis makanan yang sering kita konsumsi setiap hari. Bila kita mengetahui sifat dan manfaat dari jenis makanan yang kita makan, maka sedini mungkin kita dapat mempersiapkan kondisi kesehatan pada tubuh kita lewat memilih jenis makanan yang cocok bagi diri kita sendiri. Namun mengingat begitu banyaknya jenis makanan, maka yang kita bahas kali ini hanya beberapa jenis makanan yang umum kita konsumsi dan temui sehari-hari yaitu kacang-kacangan dan biji-bijian. Disamping itu, pembuatan laporan ini sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Ilmu Pangan Dasar.

    Kacang-kacangan telah lama dikenal sebagai sumber protein yang saling melengkapi dengan biji-bijian, seperti beras dan gandum. Komoditi ini juga ternyata potensial sebagai sumber zat gizi lain selain protein, yaitu mineral, vitamin B, karbohidrat kompleks dan serat makanan. Disamping diolah secara tradisional dengan direbus, dikukus, dan disayur, sebenarnya potensi penggunaannya sangat luas untuk menghasilkan produk baru. Misalnya sebagai bahan baku tepung campuran (flour mix) yang dapat digunakan dalam pembuatan berbagai produk pangan, termasuk makanan bayi. Kacangkacangan dapat menyumbang banyak protein dan zat gizi lain bagi masyarakat di negara maju dan negara berkembang. Karena kandungan seratnya tinggi, maka kacang-kacangan juga dapat dijadikan sumber serat. Penelitian mengenai efek kesehatan serat dari kacangkacangan sebagian besar masih terbatas pada kacang kedelai.

    Dibandingkan dengan makanan berserat yang dewasa ini tersedia dalam bentuk makanan suplemen dengan berbagai merek dagang, sebenarnya kacang-kacangan juga dapat dijadikan sumber serat yang tidak kalah mutunya. Juga dibandingkan dengan serat makanan dalam buah-buahan dan sayuran yang dikenal dapat mencegah timbulnya kanker, mutu serat makanan dalam kacang-kacangan juga tidak kalah. Bahkan kacangkacangan mempunyai keistimewaan lain, yaitu berharga murah, berprotein tinggi, kandungan lemaknya pada umumnya baik untuk kesehatan dan mengandung berbagai mineral dalam jumlah yang cukup banyak.

    Bijian adalah bahan pangan paling mendasar untuk manusia dan hewan. Kandungan pati yang tinggi pada bijian menyediakan sumber energi utama bagi manusia dan hewan, selainkandungan protein dan lemaknya. Padi, jagung, dan gandum adalah bijian utama sumber pangan dan telah menjadi makanan pokok sejak awal peradaban manusia. Termasuk dalam bijianadalah serealia (padi, jagung, gandum, sorgum, dll.), kacangan (kacang tanah, kacang hijau, dll.), dan bijian berlemak tinggi (kedelai, dll.).

    B. RUMUSAN MASALAH
    Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat ditarik beberapa rumusan masalah yang dikaji dalam makalah ini :

    Dasar-dasar pengetahuan kacang-kacangan dan biji-bijian
    Perubahan-perubahan pasca panen kacang-kacangan dan biji-bijian
    Karakteristik fisik dan kimia kacang-kacangan dan biji-bijian
    Ciri mutu yang baik kacang-kacangan dan biji-bijian
    Cara menentukan mutu bahan pangan kacang-kacangan dan biji-bijian

    C. TUJUAN PENULISAN

    Pembaca dapat mengetahui dasar-dasar pengetahuan kacang-kacangan dan biji-bijian
    Pembaca dapat mengetahui perubahan-perubahan pasca panen kacang-kacangan dan biji-bijian
    Pembaca dapat mengetahui karakteristik fisik dan kimia kacang-kacangan dan biji-bijian
    Pembaca dapat mengetahui ciri mutu yang baik kacang-kacangan dan biji-bijian
    Pembaca dapat mengetahui cara menentukan mutu bahan pangan kacang-kacangan dan biji-bijian

    BAB II

    PEMBAHASAN

    A. KACANG-KACANGAN

    a. Dasar pengetahuan
    Kacang-kacangan termasuk famili Leguminosa atau disebut juga polongan (berbunga kupu-kupu). Berbagai jenis kacang-kacangan yang telah banyak dikenal adalah kacang kedelai (Glacine max), kacang hijau (Phaseolus radiatus), kacang jogo atau kacang merah (Phaseolus vulgaris), dll. Kacang-kacangan merupakan sumber utama protein nabati dan mempunyai daya guna yang sangat luas. Kacang-kacangan juga merupakan sumber utama protein yang penting. Berbagai jenis kacang-kacangan dapat dibedakan berdasarkan varietasnya atau jenis namanya berdasarkan warna, bentuk, dan karakter fisiknya. Penentuan mutu dapat ditentukan secara subjektif dan objektif.

    Peneliti dari Loma Linda University, Amerika Serikat, melaporkan, konsumsi kacang-kacangan efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
    Hasil analisa terhadap 25 penelitian yang melibatkan 600 orang menunjukkan, mengonsumsi kacang 67 gram (setara kantong kecil) setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 7,4 persen. Akan tetapi, para ahli tidak merekomendasikan konsumsi kacang yang diolah dengan gula atau garam.
    Bukan cuma kadar kolesterol, ternyata kacang juga bermanfaat untuk mengurangi trigliserida, lemak darah, yang berkaitan dengan penyakit jantung. Manfaat kacang-kacangan ini lebih terasa pada mereka yang bobot tubuhnya tergolong gemuk

    Selain sebagai sumber serat dan protein nabati yang baik, peneliti belum bisa menjelaskan bagaimana mekanisme kacang dalam menurunkan kolesterol. Salah satu teori menyebutkan, kandungan fitosterol yang secara alami terdapat dalam kacang akan mencegah penyerapan kolesterol oleh tubuh.

    Kacang-kacangan merupakan bahan makanan yang murah dan mudah didapat. Buncis, kacang merah, kacang polong, atau kacang kedelai, bila diolah menjadi berbagai jenis makanan. Selain dibuat sayur, kacang-kacangan juga nikmat bila disantap dengan cara direbus. Maka, tak ada alasan untuk meniadakan pangan ini dalam menu harian kita.

    Jenis kacang apa yang dikonsumsi sebenarnya tak terlalu penting, meski kandungan nutrisi dan lemak pada kacang berbeda-beda tergantung jenisnya. Kacang kenari, almond, kacang hijau, kacang kulit, dan sebagainya, punya nutrisi komplit pada setiap butirnya.

    b. Jenis kacang dan manfaatnya

    1. Kacang walnut
    Sumber berlimpah asam lemak Omega 3 yang baik untuk jantung, perbaikan saraf, menolong penderita asma dan rematik. Walnut juga mengandung anti-oksidan asam ellagik yang dikenal bisa memerangi kanker dan menolong sistem pertahanan tubuh.
    Walnut juga memiliki kelebihan dalam kesehatan jantung. Sebuah studi pada bulan April 2004 memaparkan bahwa kacang ini juga:
    • Mengurangi total kolesterol dan LDL (kolesterol buruk).
    • Elastisitas pembuluh darah arteri meningkat 64 persen

    2. Kacang Merah
    Kacang ini merupakan sumber yang bagus akan serat penurun kolesterol. Selain itu tingginya serat membantu pengontrolan gula darah sehingga tidak naik dengan cepat. Ketika dikombinasikan dengan sumber karbohidrat seperti nasi, nasi merah dan roti gandum, kacang merah terbukti menyediakan protein yang bagus dan bebas lemak.

    3. Kacang tanah
    Kacang tanah mengandung phytochemical (sejenis komposisi beta karoten) hingga 4 kali lipat dari camilan lain. Silakan pilih sesuai selera, boleh kacang panggang, kacang goreng, bahkan kacang utuh yang direbus, menurut para peneliti di Alabama A&M University. Menurut mereka, ketika dipanaskan, biji kacang akan menyerap antioksidan yang semula ada di kulitnya. Penyerapan ini terjadi di awal proses memasak. Panas dari api membantu melepaskan phytochemical, si zat super.

    4. Almond
    Almond mengandung protein tinggi, kalsium, dan seng. Uji medis menunjukkan bahwa almond dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Segenggam almond (atau 1,5 ons) merupakan sumber vitamin E dan magnesium, selain menawarkan protein, serat, kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi. Dalam 14 gr lemak yang ditemukan dalam 1 ons almond, sekitar 64%-nya merupakan lemak tak jenuh tunggal. Lemak baik ini memainkan peran dalam membantu menurunkan kolesterol, sama efektifnya dengan obat-obatan, demikian menurut American Heart Association.

    5. Pecan
    Pecan adalah sumber protein dan lemak tak jenuh, dikenal karena kandungan vitamin E dan kemampuannya karena efek antikanker-nya. Diet kaya kacang pecan dapat menurunkan risiko batu empedu pada wanita. Antioksidannya dapat mengurangi kolesterol tinggi dengan mengurangi tingkat kolesterol jahat (LDL). Riset klinis yang diterbitkan oleh Journal of Nutrition mendapati bahwa memakan segenggam pecan setiap hari membantu menurunkan tingkat kolesterol, mirip dengan yang disediakan oleh obat-obatan penurun kolesterol.

    6. Edamame
    Yang disebut edamame adalah kacang kedelai muda yang dipetik sebelum matang. Pemetikan sebelum matang inilah yang memberikan warna hijau pada bijinya. Edamame saat ini sering terlihat disajikan sebagai snack di atas meja kafe atau restoran, karena pengaruh gaya hidup sehat yang ditularkan orang Jepang. Edamame memang sangat bergizi berkat kandungan proteinnya.

    7. Kacang kenari hijau (Pistachio)
    Satu ons kacang kenari setara dengan 49 butir kacang tanah, dan mengandung lebih dari 10% kebutuhan harian akan serat, vitamin B-6, thiamin, fosfor, dan tembaga. Kandungan serat 1 ons kenari lebih tinggi daripada 1/2 cangkir brokoli atau bayam, sedangkan kandungan kaliumnya setara dengan sesisir pisang. Jumlah vitamin B-6 dalam 1 ons kacang kenari sama dengan 3 ons daging babi atau ayam. Kacang kenari juga mengandung phylosterol yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, dan melindungi dari beberapa jenis kanker. Kacang ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang juga ditemukan pada minyak zaitun.

    8. Kacang brazil
    Kacang ini sangat kaya nutrisi dan mengandung protein, kuprum, niasin, magnesium, serat, vitamin E dan selenium. Selenium adalah anti-oksidan yang sangat kuat yang bekerja menetralisir radikal bebas yang berbahaya. Sebuah studi dari Universitas Ilinois menunjukkan bahwa selenium dalam jumlah yang tinggi dari kacang Brazil mampu membantu mencegah kanker payudara.

    9. Kacang mede
    Kacang mede pada dasarnya tinggi protein dan serat, serta rendah karbohidrat. Kandungan lemak tak jenuh tunggalnya membantu melindungi jantung. Kacang mede juga menjadi sumber kalium, vitamin B, dan folat. Sejumlah magnesium, fosfor, selenium, dan tembaga, juga terkandung dalam kacang yang sering dinikmati sebagai snack, cokelat, maupun hidangan seperti sapo ini.

    10. Hazelnut
    Kacang hazelnut mengandung protein tinggi dan rendah lemak. Kandungan lemak tak jenuh tunggalnya mencapai hampir 91%, dan kurang dari 4% lemak jenuh. Persentase lemak tak jenuh tunggal ini dapat mengurangi kadar kolesterol jahat ketika hazelnut dikonsumsi sebagai bagian dari diet rendah lemak. Hazelnut juga kaya protein, serat, zat besi, fosfor, vitamin B1, B2, C, E, folat, dan banyak gizi penting lainnya.

    11. Macadamia
    Dilihat dari tingginya kandungan jumlah kalori, kacang makadamia kerap dianggap kurang baik bagi kesehatan. Namun, dengan takaran yang tepat, kacang ini dapat membersihkan saluran pembuluh nadi jantung. Studi terakhir menyebutkan, mengonsumsi sekitar 40 gr kacang makadamia (setara 305 kalori), kolesterol total dan kolesterol “jahat” LDL dalam tubuh menurun hingga 9% dalam waktu 5 minggu. Kandungan serat sehat dalam 40 gr kacang makadamia adalah 3,5 gr. Tip penyajian: haluskan macadamia, lalu nikmati sebagai taburan di salad, sayuran, dan yogurt.

    12. Chestnut
    Per 100 gr buah sarangan (chestnut) segar memiliki 180-200 kalori. Hal ini berarti lebih rendah daripada walnut, almond, jenis kacang lain dan buah-buahan kering. Seperti produk nabati lain, chestnut mengandung lemak tak jenuh. Kandungan karbohidratnya dapat dibandingkan dengan gandum dan nasi. Satu ons chestnut rebus atau kukus mengandung 7 mg vitamin C, chestnut kering mengandung 16,6 mg vitamin C (dua kali lipatnya).

    Kacang paling tinggi protein

    Kacang yang paling tinggi protein adalah kacang kedelai. Dengan melihat komposisi lemak dan protein menyusun 60% dari berat kedelai kering, protein 40% dan lemak 20%

    c. Perubahan pasca panen
    Waktu panen akan berpengaruh pada :

    – kualitas hasil

    – kuantitas hasil

    – kerusakan selama pengeringan

    – penyimpanan

    – metode proses yang dapat diterapkan

    – Setelah panen, segera dikeringkan dan sebaiknya dipisahkan biji dengan kulit luarnya.

    – Kerusakan bisa diperlambat dengan pengendalian kadar air dan pengendalian suhu.

    – Kadar air yang tinggi mempengaruhi perubahan biokimia, kimia, pertumbuhan mikroorganisme, serangga dan rayap selama disimpan.

    – Perubahan biokimia terpenting selama penyimpanan adalah respirasi. Respirasi menyebabkan terjadinya metabolisme karbohidrat dan lemak menghasilkan CO2, H2O dan panas. Adanya senyawa-senyawa ini menstimulir pertumbuhan mikroorganisme dan hama.

    d. Perubahan Komposisi Kimia

    – Karbohidrat

    Penyimpanan pada suhu tinggi dan lembab menyebabkan penurunan karbohidrat

    – Protein

    Nitrogen protein sedikit turun. Jumlah asam amino bebas mengalami perubahan berarti hanya bila terjadi kerusakan tinggi akibat kegiatan enzim proteolitik.

    – Lemak

    Kerusakan lemak dan minyak terjadi secara oksidasi dan hidrolitik. Proses oksidasi menyebabkan flavour dan bau tengik. Proses hidrolitik dipercepat oleh suhu dan kadar air yang tinggi serta faktor lain yang menstimulir kerusakan. Pertumbuhan kapang terjadi karena aktivitas enzim lipolitik yang tinggi.

    Perubahan Sifat Organoleptik

    – Perubahan sifat organoleptik adalah perubahan warna, bau dan sifat makanan. Sifat makanan dilihat dari kenampakan, kekompakan, keempukan dan flavour makanan.

    – Untuk kacang: tengik, kering, kisut, liat

    Perubahan Sifat Fisika-Kimia

    Perubahan sifat fisika-kimia terjadi akibat penyimpanan. Perubahan ini meliputi:

    – perubahan air yang dibutuhkan

    – perubahan padatan yang terlarut

    – sifat pasta pada saat pemasakan

    Perubahan karena Mikroorganisme.Perubahan oleh karena mikroorganisme biasanya disebabkan oleh kapang:

    – perubahan warna benih

    – kemampuan berkecambah rusak

    – perubahan warna biji keseluruhan

    – bau dan cita rasa yang buruk

    – terjadi metabolit racun

    – terbentuknya aflatoksin (pada kacang tanah)

    – berkurangnya nilai gizi (pemecahan protein dan lemak)

    e. Penanganan pasca panen

    Penanganan pasca panen meliputi:

    – pengeringan

    – penyimpanan

    Pengeringan
    Keuntungan pada pengeringan :

    – menurunkan biaya pengangkutan

    – meningkatkan panjang daya simpan

    – mempermudah proses selanjutnya

    Hasil pengeringan
    harus mempunyai :

    – kadar air yang rendah dan seragam

    – prosentase biji rusak dan pecah rendah

    – berat tetap tinggi

    – hasil pati tinggi

    – minyak yang dapat diambil banyak (untuk kacang tanah dan kedelai)

    – kualitas protein tinggi

    – kemampuan tumbuh tinggi (untuk kacang non rekayasa genetika)

    – jumlah kapang rendah

    – nilai nutrisi tetap tinggi

    Suhu pengeringan
    Suhu udara pengeringan berpengaruh pada kualitas biji.Suhu sangat tinggi menyebabkan kenaikkan jumlah pecah, kenaikan biji yang retak, perubahan warna, penurunan jumlah pati, penurunan jumlah minyak dan kualitas protein rendah.

    Suhu makanan yang diijinkan dalam pengeringan tergantung pada :

    – penggunaan biji

    – kadar air biji

    – jenis/macam biji

    Penyimpanan
    Penyimpanan harus mampu mempertahankan sifat-sifat baik bahan yang disimpan. Sifat-sifat baik seperti kualitas daya tumbuh selama penyimpanan dapat mengalami kerusakan oleh karena kondisi penyimpanan yang tidak baik.

    Kerusakan kondisi penyimpanan disebabkan oleh:

    – kapang

    – insekta

    – rodensia

    – respirasi

    Faktor yang mempengaruhi penyimpanan
    Faktor yang berpengaruh adalah :

    – suhu

    – kadar air

    – kelembaban

    – oksigen

    Mencegah kerusakan
    Kerusakan selama penyimpanan dapat dicegah dengan :

    – fungisida, insektisida

    – cara pengemasan dan pengaturan ruangan

    – pengaturan kadar air dan suhu selama penyimpanan

    f. Klasifikasi dan syarat mutu
    Syarat :

    Bebas hama penyakit
    Bebas bau busuk, asam, apek, dan bau asing lainnya.
    Bebas dari bahan kimia seperti insektisida dan fungisida
    Memiliki suhu normal

    B. Biji-bijian
    a. Dasar Pengetahuan
    Apa Itu Biji-bijian?

    Biji-bijian adalah seluruh biji (atau kernel) dari sebuah tanaman. Sebuah benih tunggal dari gandum mengandung tiga bagian yang berbeda: kulit biji, endosperm dan benih. Jika tiga bagian dari gandum dimasukkan, makanan dianggap sebagai gandum.
    Kulit biji. Lapisan luar benih: kaya akan serat, vitamin B, 50% sampai 80% dari mineral biji-bijian, dan fitokimia untuk meningkatkan kesehatan Anda.
    Benih. Embrio di dalamnya: kaya akan vitamin B, vitamin E, trace mineral dan sejumlah kecil lemak tak jenuh yang sehat, fitokimia dan antioksidan.
    Endosperm. Saripati: mengandung karbohidrat, beberapa jenis protein dan sejumlah kecil vitamin B. Butiran ini digiling, retak, atau dipipihkan termasuk dengan kulit biji, benih, dan sebagian besar saripati kernel (endosperm).
    Beberapa contoh biji-bijian yang mudah kita temui adalah: gandum, oatmeal, biji jagung, beras merah, beras putih, gandum utuh, amaranth, millet, quinoa, dan soba.

    – Manfaat Biji-bijian Bagi Kesehatan
    Bukti medis telah menunjukan bahwa konsumsi biji-bijian secara rutin dapat mengurangi resiko dari penyakit jantung, stroke, kanker dan diabetes. Konsumsi biji-bijian secara teratur juga mengurangi resiko Anda mengalami obesitas, yang diukur dengan indeks massa tubuh dan rasio ukuran pinggul, serta mampu menurunkan kadar kolesterol darah Anda. Beberapa jenis makanan yang ada di dunia menawarkan manfaat yang berbeda untuk kesehatan.

    Biji-bijian mengandung fitokimia dan antioksidan. Konsumsi biji-bijian sebanyak 3 kali sehari telah terbukti bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung sebesar 25-36%, stroke sebesar 37%, diabetes tipe 2 sebesar 21-27%, kanker saluran pencernaan sebesar 21-43%, dan kanker yang berhubungan dengan hormone sebesar 10-40%.

    Mengkonsumsi jenis biji-bijian yang tepat dalam jumlah yang tepat dapat membantu Anda:

    Menurunkan kadar trigliserida Anda.
    Menurunkan tekanan darah Anda.
    Mengontrol insulin Anda.
    Konstipasi dan gangguan pencernaan lainnya.
    Membantu mengendalikan berat badan Anda.
    Memperlambat penumpukan plak di arteri Anda.

    b. Jenis kacang dan manfaatnya

    JAGUNG
    Bersifat dingin, kering dan seimbang, melunakkan dan ringan bagi lambung. Campuran dengan gula bermanfaat untuk orang yang sakit dan mampu untuk menurunkan suhu panas pada tubuh dan radang pada rongga.

    Jenis-jenis jagung dapat dikelompokkan sebagai berikut.

    Soft corn

    ( Zea mays amylacea)

    Jagung ini disebut juga jagung tepung.Jenis ini banyak ditanam di AmerikaSerikat, Kolombia, Peru, Bolivia dan Afrika Selatan.Biji jagung ini hamper seluruhnya mengandung pati yang lunak.

    Pod corn

    ( Zea mays tunicata)

    Jagung ini mempunyai kulit yang menutupi bijinya, yang tidak terdapat pada jagung jenis lain. Dengan demikian, jagung ini menjadi tahan lama dan daya kecambahnya tetap baik.Jagung ini tidak di tanam di Indonesia.

    Pop corn (Zea mays everata)

    Pop corn atau jagung berondong mempunyai biji berbentuk runcing, kecil dan keras, berwarna putih atau kuning. Kalau dibakar bijinya meletus.Tongkol jagung jenis ini umumnya berukuran kecil.

    Flint corn ( Zea mays indurata)

    Flint corn atau jagung mutiara memiliki ukuran biji sedang. Bagian atas biji jagung berbentuk bulat dan tidak berlekuk, serta hamper seluruhnya mengandung lapisan tepung yang keras.Biji jagung berwarna putih, kuning dan merah.Jagung ini agak tahan terhadap serangan hama bubuk, sehingga lebih tahan kalau disimpan. Di Indonesia jagung ini cukup disukai.Jagung ini banyak ditanam di Eropa, Asia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

    Dent corn (Zea mays indentata)

    Dent corn disebut juga jagung gigi kuda, karena bentuknya seperti gigi kuda.Biji jagung jenis ini mempunyai lekukan pada bagian atas. Lekukan ini terjadi karena pengerutan lapisan tepung yang lunak ketika biji mengering. Jagung jenis ini umumnya kurang tahan terhadap hama bubuk.

    Sweet corn

    (Zea mays sacharata)

    Sweet corn atau jagung manis mempunyai rasa manis dan bila dikeringkan bijinya menjadi keriput. Jagung jenis ini sering dipanen waktu masih muda untukdirebus atau dibakar.

    Waxy corn

    (Zea mays cerantina)

    Waxy corn memiliki biji menyerupai lilin. Molekul pati jagung jenis ini berbeda dari molekul pati jenis lain.

    Waxy corn

    Mirip glikogen dan menyerupai tepung tapioka. Jagung jenis ini tidak ditanam di Indonesia, kebanyakan terdapat di Asia Timur antara lain Birma Utara, Filipina, Cina sebelah timur dan Mansuria.

    Manfaat Biji-bijian Bagi Kesehatan
    Bukti medis telah menunjukan bahwa konsumsi biji-bijian secara rutin dapat mengurangi resiko dari penyakit jantung, stroke, kanker dan diabetes. Konsumsi biji-bijian secara teratur juga mengurangi resiko Anda mengalami obesitas, yang diukur dengan indeks massa tubuh dan rasio ukuran pinggul, serta mampu menurunkan kadar kolesterol darah Anda. Beberapa jenis makanan yang ada di dunia menawarkan manfaat yang berbeda untuk kesehatan.
    Biji-bijian mengandung fitokimia dan antioksidan. Konsumsi biji-bijian sebanyak 3 kali sehari telah terbukti bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung sebesar 25-36%, stroke sebesar 37%, diabetes tipe 2 sebesar 21-27%, kanker saluran pencernaan sebesar 21-43%, dan kanker yang berhubungan dengan hormone sebesar 10-40%.

    Mengkonsumsi jenis biji-bijian yang tepat dalam jumlah yang tepat dapat membantu Anda:

    Menurunkan kadar trigliserida Anda.
    Menurunkan tekanan darah Anda.
    Mengontrol insulin Anda.
    Konstipasi dan gangguan pencernaan lainnya.
    Membantu mengendalikan berat badan Anda.
    Memperlambat penumpukan plak di arteri Anda.

    c. Perubahan pasca panen

    1. Karbohidrat

    Perubahan-perubahan berikut dapat terjadi pada komponen karbohidrat serealia selama penyimpanan, yaitu :

    – hidrolisa pati karena kegiatan enzim amilase

    – berkurangnya gula karena pernafasan

    – terbentuknya bau asam dan bau apek karena kegiatan mikroorganisme

    – reaksi pencoklatan bukan karena enzim

    2. Protein

    • Selama penyimpanan Nitrogen total sebagian besar tidak mengalami perubahan, tetapi Nitrogen dari protein sedikit turun. Jumlah total asam amino menunjukkan perubahan yang berarti bila terjadi kerusakan lebih lanjut akibat kegaiatan enzim proteolitik.

    3. Lemak

    • Kerusakan lemak dan minyak dalam biji serealia terjadi secara oksidasi, menghasilkan flavour dan bau tengik.

    • Hidrolisa lemak ini dipercepat oleh suhu tinggi, kadar air tinggi dan faktor-faktor lain seperti pertumbuhan kapang.

    • Pada beras akibat aktivitas kapang, hidrolisa lemak lebih cepat dibandingkan dengan hidrolisa protein atau karbohidrat selama penyimpanan.

    4. Mineral

    • Mineral jarang hilang atau meningkat selama penyimpanan, kecuali fosfor. Selama penyimpanan kegiatan enzim fitrase melepas fosfat dari asam fitrat menjadi fosfat bebas dan menyebabkan peningkatan nilai gizi.

    5. Vitamin

    Selama penyimpanan akan terjadi :

    • Thiamin (B1) banyak yang rusak, kerusakan dipercepat dengan kadar air dan suhu tinggi

    • Riboflavin (B2) dan piridoksin (B6) sangat sensitif terhadap cahaya

    • Vitamin A turun karena kehilangan karotin

    • Tokoferol (E) bisa hilang dengan adanya O2, karena O2 mempercepat penurunan tokoferol.

    d. Perubahan setelah panen
    Tingkat susut bijian juga dipengaruhi oleh faktor fisik, biologik, dan fisiologik dari bijian itu sendiri. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingkat susut bijian antara lain:

    Faktor fisik, misalnya terjadi ketika :
    Panen, dimana kemungkinan terjadi ceceran bijian terutama jika panen dilakukan tanpa bantuan peralatan atau mesin yang tepat.
    Perontokan, disebabkan oleh adanya bijian yang tidak dapat dirontokan sehingga ikut terbuang bersama tangkai/malai tanaman
    Pengeringan, disebabkan oleh pengeringan yang tidak sempurna atau tidak merata sehigga banyak kerusakan atau yang tidak tergiling dengan baik saat penggilingan
    Pengangkutan dan penyimpanan, disebabkan oleh adanya produk yang tercecer akibat penggunaan kemasan yang tidak baik
    Faktor biologik, misalnya serangga dan hama, yang dapat menyerang produk selama berada pada tanamannya atau selama dalam penyimpanan. Hama tikus misalnya, selain memakan produk, juga mencemari produk dengan kotoran dan kencing mereka.
    Faktor fisiologik, hanya terjadi pada bijian dengan kadar air tinggi. Dengan demikian bila bijian telah dikeringkan hingga kadar air 13-14% kemungkinan tidak akan mengalami kerusakan akibat aktifitas fisiologis selama dalam penyimpanan.

    e. Klasifikasi dan syarat mutu
    Syarat :

    Tidak berbau tengik, bau asam dan bau apek karena kegiatan mikroorganisme
    Bebas hama penyakit
    Bebas dari bahan kimia seperti insektisida dan fungisida
    Memiliki suhu normal
    C. Cara menentukan mutu bahan pangan kacang-kacangan dan biji-bijian :
    Penentuan mutu secara subjektif
    Menentukan warna kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Menentukan aroma kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Menentukan tekstur kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Menentukan penampilan/rupa kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Menentukan bentuk kacang-kacangan dan biji-bijian.

    Penentuan mutu secara objektif
    Menentukan ukuran kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Menentukan berat per-butir kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Menentukan pH kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Menentukan densitas kamba kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Menentukan kadar air kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Menentukan % kotoran kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Menentukan % pecah/belah kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Menentukan % rusak kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Menentukan % campuran kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Menentukan % benda asing kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Menentukan % keriput kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Menentukan daya serap kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Menentukan rasio pengembangan kacang-kacangan dan biji-bijian.

    BAB III

    PENUTUP

    KESIMPULAN

    Kacang-kacangan termasuk famili Leguminosa atau disebut juga polongan (berbunga kupu-kupu). Berbagai kacang-kacangan yang telah bnyak dikenal adalah kacang kedelai (Glycine max), kacang tanah (Arachis hypogea), kacang hijau (Phaseolus radiatus), kacang gude (Cajanus cajan), dan sebagainya. Kacang-kacangan merupakan sumber protein utama protein nabati dan mempunyai daya guna yang sangat luas. Kacang tanah dan kedelai merupakan sumber utama minyak disamping komoditi lainnya. Kadar minyak keduanya mencapai 30%.

    Biji-bijian termasuk dari famili rumput-rumputan (Gramine) yang kaya akan karbohidrat. Biji-bijian yang tergolong dalam serealia antara lain padi (Oryza sativa), jagung (Zea mays), gandum (Triticum sp), cantel (Sorghum sp), Barley (Horgeum vulgarye), Rye (Secale sereale) dan Oat (Alvena sativa). Struktur biji serealia terdiri dari 3 bagian utama yaitu kulit biji, butir biji (endosperm) dan lembaga (embrio).

    Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber protein yang penting dalam makanan penduduk di Indonesia. Berbagai jenis kacang-kacangan dan biji-bijian dapat dibedakan jenisnya berdasarkan varietasnya atau jenis namanya berdasarkan warna, bentuk, dan karakteristik fisiknya. Penentuan mutu dapat ditentukan secara subjektif dan objektif. Penentuan dengan cara objektif dengan melakukan pengukuran menggunakan alat sehingga hasilnya tidak terpengaruh oleh orang lain.

    Sumber:
    https://kevinmurasaki.wordpress.com/2011/12/04/makalah-kacang-kacangan-dan-biji-bijian/
    http://dikatama.com/jual-kacang-almond/

  43. Andhika says:

    Terimakasih sangat bermanfaat banget websitenya.

  44. ani says:

    info yang bermanfaat

  45. ani says:

    info yang bagus nbgt nih

  46. eka aji says:

    Terima kasih, ijin dijaadikan refferensi

  47. eka+aji says:

    terima kaasih infonyaa

  48. mawar says:

    sagat bermanfaat

  49. artikel yang sangat bermanfaat dan menarik untuk di simak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>