Workshop Penulisan Bahan Ajar Cetak Tahap I FMIPA

Guna memperoleh bahan ajar cetak (BAC) yang berkualitas, FMIPA-UT menyelenggarakan “Workshop Penulisan BAC Tahap Pertama” pada tanggal 1-3 Maret 2012. Tujuan penyelenggaraan workshop adalah penandatanganan kontrak penulisan, penyamaan persepsi para penulis tentang proses dan cara penulisan BAC, serta pengembangan Rancangan Mata Kuliah (RMK).

Pembicara-BAC-FMIPA-Tahap-1-mar2012

Acara yang dimulai pada tanggal 1 Maret 2012 pukul 15.00 WIB dibuka oleh Pembantu Rektor I UT, Dr. Yuni Tri Hewindati. Dalam sambutannya, PR I UT menekankan kepada para penulis bahwa kualitas BAC sangat penting bagi mahasiswa UT, karena pada pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ), seperti UT, BAC merupakan pengganti dosen. PR I UT juga menjelaskan bahwa selain BAC, mahasiswa UT juga dapat mempelajari materi kuliah melalui bahan ajar noncetak (BANC). Mahasiswa UT juga mendapat bantuan belajar berupa tutorial online. Melalui acara workshop ini, PR I UT berharap para penulis dapat menyelesaikan penulisan modul dengan tepat waktu, karena setelah penulisan masih terdapat proses penelaahan dan penyusunan tata letak, yang masih harus dilalui hingga menjadi BAC siap cetak.

Peserta-Workshop-BAC-FMIPA-mar-2012

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan presentasi tentang konsep dasar penulisan BAC yang disampaikan oleh Prof. I.G.A.K. Wardani, pakar desain instruksional. Presentasi berisi tentang cara penulisan rancangan mata kuliah (RMK) yang terdiri atas Garis-garis Besar Program Pembelajaran (GBPP) dan Analisis Instruksional (AI). Selain itu presentasi juga membahas prosedur penulisan BAC.

Acara workshop ini dihadiri oleh para Pembantu Dekan FMIPA-UT, para Kajur dan Kaprog. Para penulis BAC yang hadir berasal dari beberapa perguruan tinggi tatap muka, di antaranya adalah IPB, ITB, Unpad, UGM, UNS, ITS, Unhas, Universitas Riau, Universitas Brawijaya, Universitas Trisakti, dan Institut Teknologi Indonesia (ITI). Selain para penulis, hadir juga para pengampu mata kuliah dari UT yang siap berdiskusi dengan para penulis untuk memperlancar proses penulisan BAC. Dari acara ini diharapkan dapat menghasilkan BAC yang berkualitas dan juga menjadi jembatan bagi kerja sama UT dengan universitas lain di seluruh Indonesia.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>