mengenal genus – genus khamir

Khamir dalam klasifikasi sebenarnya masuk pada fungi sehingga secara klasifikasi mengikuti aturan fungi. ges khamir sangat banyak, namun pada dasarnya dibedakan atas:

  1. khamir askosporogenus terdiri dari 33 genus
  2. khamir basidisporogenus terdiri dari 7 genus
  3. khamir tidak sejati tediri dari 17 genus

genus-genus yang cukup populer adalah

dari askosporogenus:

  1. Hansenulla
  2. Kluyveromyces
  3. Pichia
  4. Saccharomyces
  5. Saccharomycodes
  6. Saccharomycopsis
  7. Torulaspora
  8. Zygosaccharomyces

dari basidiosporogenus

  1. Rhodosporidium
  2. Filobsaidium

dari khamr tidak sejati

  1. Bullera
  2. Candida
  3. malassezia
  4. Phaffia
  5. Rhodotorula
  6. Sporobolomyces
  7. Sterigmatomyces
  8. Trichosporon
  9. Trigonopsis

Sifat-sifat beberapa genus di atas adalah:

  1. genus Hansenulla terdiri dari 30 spesies salah satu yang cukup terkenal adalah Hansenulla anomala Spesies ini jika ditumbuhkan pada malt ekstrak agar 5%, setelah 3 hari pada suhu 25 C sel speroid dalam bentuk tunggal atau berpasangan, dalam cluster kecil. mampu memfermentasi glukosa, sukrosa (lemah) dan tidak mampu laktosa dan lemah untuk galaktosa dan maltosa. mampumengsimilasi sukrosa, maltosa, selobiosa trehalosa, Dmanitol, asam suksinat, asam sitrat, eritriol dan pati.
  2. genus Kluyveromyces: sel vegetatif spheroidal, ovoid, elipsoidal, silidrikal, reproduksi dengan pembelahan tidak mampu menggunakan nitrat sebagai sumber nitrogen terdiri dari 11 spesies.
  3. Genus Pichia, reproduksi aseksual dengan tunas multilateral, beberapa spesies mampu membentuk arthrospora. sel spheroidal, ellipsoidal. aski dihasilkan dalam askospora satu sampai 4. umumnya tidak dapat memfermentasi gula dan mengasimilasi nitrat. terdiri dari 56 spesies.
  4. genus Saccharomyces, reproduksi vegetatif secara tunas multilateral, sel globose, ellipsodal atau cylindrical. dapat membentuk pseudohifa dapat pula hifa bersepta, fase vegetatif umumnya diploid, dapat terjadi konyugasi setelah perkecambahan askospora, askospora diploid dapat dibentuk. sangat fermentatif namun tidak mampu tumbuh pada medium dengan nitrat sebagai satu-satunya sumber nitrogen. terdapat 7 genus dan yang paling populer adalah Saccharomyces cerevisiae yang digunakan dalam pembuatan wine.
  5. Saccaromycopsis memiliki miselium sejati dngan blastospora. adapula yang berbentuk sel dan pseudomiselium aski dibentuk pada hifa miselia. terdapat 7 spesies yang populer adalah S. fibuligera.
  6. yang lainnya nyusul ya. gambar dapat dicari dengan bantuan google pada gambar tulis nama genusnya mak akan muncul gambar-gambat yeast.

Tags: ,

3 Responses to mengenal genus – genus khamir

  1. leysya says:

    trimakasih pak Nur Hidayat..info ini berguna banget…

  2. leysya says:

    malam pak..maaf pak..mo tanya2 lagi..tlg kirim tentang jenis2 jamur taw klasifikasi jamur beserta cara hidupnya pak..ada tugas lagi dari dosen pak..sebelumnya di ucapkan terimakasih…

  3. ira says:

    terima kasih infonya p nurhidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>