Nur Hidayat, Sri maryani dan Gunomo Djojowasito
Laporan RUK Tahun 2004

Pendirian industri berwawsan lingkungan merupakan salah satu alternatif yang harus dilakukan untuk mengurangi biaya operasional dengan cara memanfaatkan limbah yang dihasilkan sehingga menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi.
PT Agrijaya Indotirta Malang adalah industri yang bergerak dalam bidang pengolahan sayuran dan buah antara lain pisang, apel, nanas. Pengolahan apel menjadi kripik menghasilakn limbah sebesar 2 ton ber hari berupa kulit apel dan bonggolnya. Kulit buah tersebut dibuang atau diambil oleh peternak disekitar untuk makanan ternak.
Hasil pelaksanaan Riset Unggulan Kemitraan:
1. Percobaan optimasi pembuatan cuka apel dengan perlakuan suhu fermentasi dan penambahan jumlah inokulum. Hasil percobaan pada fermentor skala laboratorium menunjukkan bahwa suhu 70 C dengan waktu 10 menitsudah efektif mematikan mikroorganisme dan jumlah inokulum yang efektif digunakan adalah 10%
2. membuat mesin fermentor yang efektif dan efisien untuk skala laboratorium dan industri. Untuk skala laboratorium dibuat dua fermentor dengan ukuran 5 dan 10 L sedang skala industri 300 L. hasil percobaan pada skala industri menunjukkan bahwa dalam fermentasi cuka selama dua minggu dapat dicapai kadar cuka sekitar 3 %, ini berarti dapat mempersingkat waktu fermentasi yang selama ini dilakukan dengan skala kecil (20 L).
3. pasteurisasi yang dilakukan hany sekali mampu meningkatkan kecerahan warna produk, namun hasil ini belum diuji terhadap daya terma konsumen akibat perubahan warna.